Usulan peningkatan kualitas pelayanan jasa di Hotel Lorin Solo dengan menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) dan Analytic Network Process (ANP)
H otel Lorin Solo merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan. Pelayanan jasa yang diberikan oleh Hotel Lorin Solo berupa layanan penginapan, penyewaan ruang serba guna, hiburan dan olahraga. Pelayanan jasa perhotelan mengalami perkembangan secara signifikan dan tahun ke tahun, hal tersebut juga diikuti dengan meningkatnya keluhan dari konsumen dan masalah-masalah yang timbul. Untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan, pihak hotel perlu melakukan identifikasi terhadap kepuasan konsumen dan identifikasi karakteristik pelayanan yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Tujuan dari penelitian ini antara lain merancang usulan peningkatan kualitas jasa pelayanan pada Hotel Lorin Solo dengan cara mengidentifikasi kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen dan karakteristik teknis perusahaan serta memberikan usulan atau pemecahan masalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa Hotel Lorin Solo. Metode yang digunakan adalah Quality Function Deployment (QFD) dengan menggunakan pendekatan Analytical Network Process (ANP) Dari hasil pengolahan dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa karakteristik teknis yang perlu diperhatikan oleh perusahaan agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Dimana karakteristik teknik yang perlu diperhatikan diantarannya antara lain sistem pemasaran dan promosi, sedangkan kebutuhan konsumen yang hams dipenuhi diantaranya Sarana hiburan clan olahraga. Analisa yang telah di lakukan menunjukkan bahwa kebutuhan konsumen yang terpenting adalah "Sarana Hiburan dan Olahraga", dengan melihat dan bobot sebesar 32.25%, sedangkan "Sistem pemasaran dan promosi" merupakan karakteristik teknik terpenting dengan bobot sebesar 3134%. Untuk itu usulan yang dapat di pertimbangkan oleh perusahan demi rneningkatkan kualitas dan pelayanan jasa adalah Memberikan potongan harga sebesar 40%, pada saat acara Tourism Fair atau acara tertentu.
H otel Lorin Solo is one of the companies engaged in the service sector. The services provided by Lorin Solo Hotel are lodging services, multi-purpose room rentals, entertainment and sports. Hospitality services have developed significantly from year to year, this is also followed by an increase in complaints from consumers and problems that arise. To be able to maintain and increase customer satisfaction with the quality of services provided, the hotel needs to identify customer satisfaction and identify service characteristics that can meet consumer needs. The purpose of this research, among others, is to design a proposal to improve the quality of service at Lorin Solo Hotel by identifying the needs desired by consumers and the company's technical characteristics and providing suggestions or problem solving to improve the service quality of Lorin Solo Hotel services. The method used is Quality Function Deployment (QFD) using the Analytical Network Process (ANP) approach. From the processing results, it can be concluded that there are several technical characteristics that need to be considered by the company in order to meet consumer needs. Where the technical characteristics that need to be considered include marketing and promotion systems, while consumer needs that must be met include entertainment and sports facilities. The analysis that has been done shows that the most important consumer needs are "Entertainment and Sports Facilities", with a weight of 32.25%, while "Marketing and promotion systems" are the most important technical characteristics with a weight of 3134%. For this reason, a proposal that can be considered by the company in order to improve the quality and service is to provide a 40% discount at the Tourism Fair or certain events.