DETAIL KOLEKSI

Usulan perbaikan kualitas pelayanan jasa menggunakan Quality Function Deployment (QFD) pada UMKM Soul Sepatu


Oleh : Muhammad Farhan Aly

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Wawan Kurniawan

Pembimbing 2 : Elfira Febriani

Subyek : Quality control;Service industries

Kata Kunci : service quality, importance performace analysis, quality function deployment, house of quality

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2020_TA_STI_063001600069_Halaman-Judul.pdf
2. 2020_TA_STI_063001600069_Lembar-Pengesahan.pdf 3
3. 2020_TA_STI_063001600069_Bab-1_Pendahuluan.pdf 2
4. 2020_TA_STI_063001600069_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2020_TA_STI_063001600069_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2020_TA_STI_063001600069_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf
7. 2020_TA_STI_063001600069_Bab-5_Kesimpulan.pdf
8. 2020_TA_STI_063001600069_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2020_TA_STI_063001600069_Lampiran.pdf

U MKM Soul Sepatu merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang jasa pencucian sepatu yang berlokasi di Jakarta Timur. UMKM Soul Sepatu perlu melakukan pengukuran terhadap kualitas pelayanannya yang diberikan kepada konsumen dilihat dari tingginya permintaan pasar dan persaingan usaha di bidang pencucian sepatu. Penelitian dilakukan pada UMKM Soul Sepatu, menggunakan metode Service Quality untuk mengetahui seberapa besar perbedaan tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan dan menggunakan metode Quality Function Deployment untuk mendapatkan prioritas respon teknis untuk ditingkatkan. Hasil akhir dari penelitian ini berupa usulan perbaikan kualitas pelayanan jasa untuk UMKM Soul Sepatu. Tahapan penelitian dimulai dari pengumpulan data primer dengan melakukan penyebaran kuesioner pendahuluan kepada 30 responden dengan menggunakan dimensi kualitas pelayanan jasa Service Quality (Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy) didapatkan 19 atribut untuk memenuhi kebutuhan pelanggan . Data yang dikumpulkan dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Kemudian dilakukan perhitungan Service Quality untuk menentukan Gap Score untuk mengetahui kesenjangan antara tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan. Hasil perhitungan Gap Score didapat dengan total gap sebesar -2.84 dan rata-rata gap sebesar -0.15. Setelah didapatkan Gap Score dimasukkan kedalam kuadran analisis Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui atribut-atribut yang menjadi prioritas utama. Atribut- atribut yang menjadi prioritas utama atau kebutuhan pelanggan (What’s) dan respon teknis (How’s) dimasukkan ke dalam matriks QFD yang dilanjutkan dengan pembuatan matriks HOQ (House Of Quality) hingga perhitungan tingkat kepentingan absolut dan tingkat kepentingan relatif untuk menentukan urutan prioritas pengembangan respon teknis

U MKM Soul Sepatu is one of the UMKM engaged in shoe washing services located in East Jakarta. UMKM Soul Sepatu needs to measure the quality of services provided to consumers in terms of high market demand and business competition in the shoe washing sector. The study was conducted at the . UMKM Soul Sepatu, using the Service Quality method to find out how big the difference in the level of importance and level of satisfaction and using the Quality Function Deployment method to get priority technical responses to be improved. The final result of this research is in the form of a proposal to improve the quality of services for UMKM Soul Sepatu. The stages of the study began with the collection of primary data by distributing preliminary questionnaires to 30 respondents using the dimensions of service quality Service Quality (Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy) obtained 19 attributes to meet customer needs. Data collected was tested for validity and reliability testing. Then a Service Quality calculation is performed to determine the Gap Score to determine the gap between the level of importance and the level of satisfaction. The Gap Score calculation results are obtained with a total gap of -2.84 and an average gap of -0.15. After getting the Gap Score entered into the Importance Performance Analysis (IPA) quadrant to find out which attributes are the top priority. The attributes that are the main priority or customer needs (What's) and technical response (How's) are entered into the QFD matrix followed by the creation of the HOQ (House of Quality) matrix up to the calculation of absolute importance.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?