Konsekuensi kualitas pelayanan pada Lembaga Pendidikan Tinggi di Jakarta
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan yang dirasakan terhadap kepuasan mahasiswa, loyalitas mahasiswa, dan motivasi mahasiswa Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 260 responden yang merupakan mahasiswa pada Universitas swasta dijakarta. Data dikumpulkan secara langsung melalui penyebaran kuesioner kepada 260 responden dan diolah menggunakan metode analisis Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan program statistik AMOS 23.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang dirasakan terbukti memiliki pengaruh signifikan positif terhadap kepuasan mahasiswa, loyalitas mahasiswa, dan motivasi mahasiswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa untuk dapat meningkatkan kepuasan mahasiswa, loyalitas mahasiswa, dan motivasi mahasiswa terhadap Universitas maka pihak manajemen harus mempertimpbangkan faktor kualitas pelayanan yang dirasakan oleh mahasiswa
T his study aims to determine and analyze the influence of student perceived service quality to student satisfaction, student loyalty, and student motivation. The number of samples in this study were 260 respondents who are students at a private university in jakarta. Data were collected directly through questionnaires distributed to 260 respondents and processed using Structural Equation Model (SEM) method with AMOS statistic program 23.The results of this study indicate that the perceived service quality has a significant positive influence on student satisfaction, student loyalty, and student motivation. Thus, we can conclude that in order to increase student satisfaction, student loyalty, and motivation of students to the University, then management must consider the factors of students perceived service quality.