Anteseden dan konsekuensi dari perceived value pada industri hotel
P enelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Economic Value, Interaction, Psychological Needs, Perceived Value, Customer Loyalty. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yang didapat secara langsung dari sumbernya dengan cara menyebarkan kuesioner dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 150 responden dengan kriteria pelanggan yang pernah menjadi anggota hotel dalam kurun waktu 1 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis Structural Equation Model (SEM) uji kualitas data menggunakan uji validitas dan reabilitas. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Economic Value memiliki pengaruh positif terhadap Perceived Value (2) Interaction memiliki pengaruh positif terhadap Perceived Value (3) Psychological Needs memiliki pengaruh positif terhadap Perceived Value (4) Perceived Value memiliki pengaruh positif terhadap Customer Loyalty. Saran yang dapat diajukan untuk peneliti selanjutnya yaitu penelitian ini sebaiknya tidak terbatas pada accor hotel group, Borobudur premier club, Archipelago membership, dan mulia privillage tetapi dapat dilakukan pada keanggotaan hotel lain dan peneliti selanjutnya diharapkan menambah variabel
T his study aims to examine and analyze the influence of Economic Value, Interaction, Psychological Needs, Perceived Value, Customer Loyalty. This study uses primary data sources obtained directly from the source by distributing questionnaires using purposive sampling technique. The sample used in this research were 150 respondents to the customer's criteria were never a member of the hotel within a period of 1 year. The method used is the analysis of Structural Equation Model (SEM) data using a quality test validity and reliability. The results of this study were (1) Economic Value has a positive influence on Perceived Value (2) Interaction has a positive influence on the Perceived Value (3) Psychological Needs have a positive influence on Perceived Value (4) Perceived Value has a positive impact on customer loyalty. Suggestions can be submitted to further research that this study should not be limited to accor hotel group, Borobudur premier club, membership Archipelago, and noble Privillage but can be done at another hotel membership and further research is expected to add variables