Anteseden dari e-loyalty pada e-commerce
P enelitian ini mengevaluasi pengaruh kualitas layanan elektronik (E-Service Quality), kepercayaan elektronik (E-Trust), kepuasan elektronik (E-Satisfaction), dan loyalitas elektronik (E-Loyalty) terhadap penggunaan platform e-commerce di Indonesia, seperti Blibli, Tokopedia, Lazada, Shopee, dan Bukalapak. Metode kuantitatif dengan survei digunakan untuk mengumpulkan data dari pengguna aktif, yang dianalisis menggunakan model persamaan struktural (SEM). Hasil menunjukkan bahwa kualitas layanan dan kepercayaan elektronik berpengaruh positif terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Layanan yang andal, responsif, aman, dan empatik, serta reputasi toko yang baik, meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Implikasi manajerial menekankan pentingnya peningkatan kualitas layanan dan kepercayaan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini memberikan wawasan bagi perusahaan e-commerce dalam merumuskan strategi pemasaran yang efektif untuk pertumbuhan industri yang berkelanjutan.
T his research evaluates the influence of electronic service quality (E-Service Quality), electronic trust (E-Trust), electronic satisfaction (E-Satisfaction), and electronic loyalty (E-Loyalty) on the use of e-commerce platforms in Indonesia, such as Blibli, Tokopedia, Lazada, Shopee, and Bukalapak. Quantitative methods with surveys were used to collect data from active users, which were analyzed using structural equation modeling (SEM). The results show that service quality and electronic trust have a positive effect on customer satisfaction and loyalty. Reliable, responsive, safe and empathetic service, as well as a good store reputation, increase customer satisfaction and loyalty. Managerial implications emphasize the importance of improving service quality and trust to increase customer satisfaction and loyalty. This research provides insight for e-commerce companies in formulating effective marketing strategies for sustainable industry growth.