Implementasi erp odoo versi 14 modul e commerce pada wirausaha sprei mimii homemade
K ehadiran e-commerce saat ini semakin mempermudah transaksi jual beli dan memberikan kenyamanan lebih untuk konsumen, serta membuat proses bisnis pada bidang penjualan dan pemasaran menjadi lebih mudah. E-Commerce juga berfungsi untuk menjembatani UMKM agar terhubung luas dengan calon konsumen potensial. Namun, ada tantangan dalam teknologi yang semakin berkembang ini yaitu kompetesi antar penjual menjadi semakin ketat. Untuk menghadapi tantangan tersebut, Mimii Homemade yang merupakan sebuah usaha UMKM yang bergerak pada bidang industri sprei yang pada saat ini cara kerja pemesanan, pencatatan dan pelaporan masih menggunakan cara manual dan belum memiliki sistem yang saling terintegrasi antar departemen, membutuhkan Enterprise Resource Planning, yang berfungsi untuk mengelola seluruh aktivitas manajemen proses bisnis, sehingga akan mengintegrasikan sistem e-commerce dengan sistem lainnya. Penelitian ini Menggunakan metodologi Implementasi Odoo yang dimana pada juga melakukan pengujian dengan menggunakan metode black box serta metode Acceptance and Utilization of Technology (UTAUT). Hasil dari penelitian ini adalah sistem e- commerce yang sudah terintegrasi dengan manajemen proses bisnis ERP yang disimpan di dalam sistem cloud, sehingga sistem e-commerce mudah diakses dan diintegrasikan dengan sistem lainnya dan dapat dijangkau oleh seluruh konsumen dan memperluas target pasar.
T he presence of e-commerce today makes buying and selling transactions easier and provide more convenience for consumers, as well as making business processes in the field of sales and marketing easier. E-Commerce also functions to bridge MSMEs so that they are widely connected with potential customers. However, there are challenges in this increasingly developing technology, namely competition between sellers is becoming increasingly stringent. To face this challenge, Mimii Homemade, which is an MSME business engaged in the bed sheet industry, where currently the ordering, recording and reporting processes still use manual methods and do not yet have an integrated system between departments, requiring Enterprise Resource Planning, which functions to manage all business process management activities, so that it will integrate the e-commerce system with other systems. This study uses the Odoo Implementation methodology which also conducts testing using the black box method and the Acceptance and Utilization of Technology (UTAUT) method. The results of this study are e-commerce systems that have been integrated with ERP business process management stored in the cloud system, so that e-commerce systems are easily accessible and integrated with other systems and can be reached by all consumers and expand the target market.