Pengaruh e-commerce terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia
P enelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh E-Commerce, Gross Fixed Capital Formation, dan Tenaga Kerja terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dalam bentuk rentet waktu (time series). Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier dengan menganalisis 3 (tiga) model persamaan, di mana Model 1 dan Model 2 menggunakan periode waktu tahun 1996 – 2019, Model 3 menggunakan periode waktu 2009 – 2019. Pengolahan data penelitian ini menggunakan bantuan software Eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, E-Commerce yang diproksi oleh jumlah pengguna internet pada Model 2, dan nilai transaksi E-Commerce pada Model 3 terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Petumbuhan Ekonomi. Variabel GFCF pada Model 1 dan Model 2 terbukti berpengaruh positif dan signifikan, serta Tenaga Kerja pada Model 1 terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia.
T his study aims to analyze the effect of E-Commerce, Gross Fixed Capital Formation, and Labor on Economic Growth in Indonesia. The type of data used is secondary data in the form of a time series. This study uses linear regression analysis by analyzing 3 (three) equation models, where Model 1 and Model 2 use the 1996 – 2019 time period, Model 3 uses the 2009 – 2019 time period. The data processing of this research uses the help of Eviews 9 software. The results shows that, E-Commerce which is proxied by the number of internet users in Model 2, and the value of E-Commerce transactions in Model 3 proves to have a positive and significant effect on Economic Growth. The GFCF variable in Model 1 and Model 2 has a positive and significant effect, and Labor in Model 1 has a positive and significant effect on Economic Growth in Indonesia.