Analisis pengaruh pengetahuan pelanggan terhadap kualitas pelayanan melalui manajemen hubungan pelanggan pada PT. Omega Taiyo Teknologi
P enelitian ini bertujuan untuk menguji danmenganalisis pengaruh pengetahuan pelanggan (Customer Knowledge) terhadap kualitas pelayanan (service quality) melalui manajemen hubungan pelanggan (customer knowledge management) pada PT Omega Taiyo Teknologi di Bekasi. Variabel bebas dalampenelitian ini adalah kualitaspelayanan, sedangkan variabelterikatnyaadalah manajemen hubungan pelanggan, dan pengetahuan pelanggan adalahsebagaivariabel kausal (variabel intervening). Adapun kriteria yang digunakan adalah perusahaan yang telah melakukanmanajemen hubungan pelanggan dan transfer pengetahuan dalammenyediakanproduk yang dihasilkan. Dalampenelitian ini jumlah responden yang akandijadikan sampel penelitian adalah sebanyak 93 orang pada karyawan bagianproduksi di PT Omega Taiyo Teknologi, dengan menggunakan metode PathAnalysis. Hasil dari penelitian inimenunjukkan bahwa pengetahuan pelangganberpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan, dan pengetahuan pelanggan danmanajemen hubungan pelanggan berpengaruh positif secara tidak langsungterhadap kualitas pelayanan.