Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan
B erdasarkan permasalahan yang diuraikan diatas, maka tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Perusahaan Penerbangan Lion Air khususnya untuk kelas ekonomi di daerah Jakarta. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 50 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisa yang digunakan untuk menguji hipotesa adalah Regresi Berganda. Hasil pengujian hipotesa menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan dari dimensi kualitas pelayanan yaitu keinginan untuk menolong, kesopanan, dan ketepatan dalam memberikan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan.
B ased on the problems described above, the purpose of the study was to assess and analyze the effect of service quality on customer satisfaction in the Airline Lion Air in particular to the economic class in the Jakarta area. Data obtained by distributing questionnaires to 50 respondents. The sampling technique used was purposive sampling. The analytical methods used to test the hypotheses is multiple regression. Hypothesis test results revealed that there is a positive and significant effect of the dimensions of service quality, namely the desire to help, courtesy, and promptness in providing services to customer satisfaction.