Gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap perawatan gigi tiruan cekat : Observasi pada RSGM-P FKG Universitas Trisakti
L atar belakang: Kehilangan gigi adalah masalah kesehatan gigi dan mulut yang banyak muncul di masyarakat yang dapat mengakibatkan gangguan terhadap fungsi pengunyahan, bicara, estetik, dan hubungan sosial. Kehilangan gigi jika tidak dilakukan perawatan gigi tiruan dengan segera, dapat mengakibatkan gangguan temporomandibular, beban lebih pada jaringan pendukung, kelainan bicara, gangguan kebersihan mulut, dan dapat mempengaruhi kesehatan pada jaringan lunak mulut. Kepuasan pasien merupakan indikator penentu dari keberhasilan suatu perawatan gigi tiruan. Dalam hal ini kepuasan pasien merupakan indikator penentu dari keberhasilan suatu perawatan gigi tiruan. Tingkat kepuasan pasien terhadap gigi tiruan cekat (GTC) dapat dinilai dari hasil akhir gigi tiruan yang digunakan pasien, apakah sesuai dengan harapan yang dinginkan. Hal ini menjadi menarik bagi peneliti untuk mengetahui bagaimana kepuasan individu yang telah dipasang gigi tiruan cekat di RSGM-P FKG Universitas Trisakti. Tujuan: Untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap perawatan gigi tiruan cekat di RSGM-P FKG Universitas Trisakti. Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif dengan rancangan penelitian cross-sectional. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang terdiri dari 12 pertanyaan mengenai kepuasan pasien terhadap perawatan gigi tiruan cekat. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pasien terhadap perawatan gigi tiruan cekat yang cukup tinggi. Hal ini dapat disebabkan karena faktor penampilan yaitu estetik dan perawatan gigi tiruan cekat dapat meningkatkan kualitas hidup pasien. Kesimpulan: Tingkat kepuasan pasien terhadap perawatan gigi tiruan cekat di RSGM-P FKG Universitas Trisakti cukup tinggi.
B ackground: Tooth loss is a dental and oral health problem that often occurs in society which can cause disturbances in the function of mastication, speech, aesthetics, and social relations. Loss of teeth if not done denture treatment immediately, can result in temporomandibular disorders, overload on supporting tissues, speech disorders, impaired oral hygiene, and can affect the health of the soft tissues of the mouth. Patient satisfaction is determining indicator of the success of a denture treatment. In this case, patient satisfaction is a determining indicator of the success of a denture treatment. The level of patient satisfaction with fixed dentures, can be assessed from the final denture results used by the patient, whether it is in accordance with the desired expectations. This is interesting for researchers to find out how individual satisfaction with fixed dentures at RSGM-P FKG Trisakti University. Purpose: To find out the description of the patient's level of satisfaction with fixed denture treatment at RSGM-P FKG Trisakti University. Method: This type of research is descriptive observational with cross-sectional study design. The research was conducted by distributing questionnaires. consisting of 12 questions regarding patient satisfaction with denture treatment nimble. Results: The results showed level of patient satisfaction with dentures treatment quite high. This could be due to appearance factors namely aesthetics and fixed denture care can improve the quality of life from patients. Conclusion: The level of patient satisfaction with fixed denture treatment at RSGM-P FKG Trisakti University is quite high.