Pengaruh price offer fairness terhadap satisfaction
P enyusunan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara price offer fairness terhadap satisfaction with the purchase pada saat pembelian mobil baru. Rancangan penelitian ini ialah testing hypothesis dengan empat variabel penelitian, yaitu price perception, percieved vulnerability, price offer fairness dan satisfaction with the purchase. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 150 responden yang membeli mobil baru dalam kurun waktu Januari hingga Juni 2007 dengan menggunakan metode purposive sampling. Sebelum menganalisa maka dilakukan uji validitas dan reliabilitas dari setiapinstrumen variabel penelitian. Adapun metode analisa data yang digunakan ialah structural equation modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variabel price perception dan perceived vulnerability yang dirasakan konsumen berpengaruhi positif terhadap price offer fairness. Hal ini berarti jika pembeli merasa bahwa harapan yang ditawarkan sesuai dengan nilai (harga yang ditawarkan) baik, maka konsumen akan menilai harga itu fair atau wajar, price perception dan price offer fairness tidak berpengaruh negatif terhadap satisfaction with the purchase jika pembeli merasa bahwa harapan yang ditawarkan sesuai dengan nilai (harga yang ditawarkan) baik dan harga yang ditawarkan dealer sangat fair maka konsumen pun akan merasa puas.