Analisis dan perancangan aplikasi sisetm informasi pengelolaan hubungan pelanggan pada PT. Metro Batavia
P ersaingan perusahaan jasa transporasi udara saat ini hanya terfokus pada kualitas pesawatnya saja. Sehingga banyak pelanggan yang mengeluhkan kualitas layanan maskapai penerbangan tersebut. Kurangnya manajemen perusahaan dalam menyikapi keluhan menurunkan nilai perusahaan di mata pelanggan. Konsep Customer Relationship Management (CRM) sangat tepat diterapkan dalam menangani keluhan pelanggan. Segala bentuk keluhan yang diberikan oleh pelanggan dikelola dan diolah untuk memperbaiki manajemen perusahaan. Mempertahankan pelanggan yang sudah ada merupakan hasil yang akan diraih. Untuk menjalankan konsep CRM, peneliti menggunakan aplikasi pengelolaan hubungan pelanggan yang dalam pembuatannya menggunakan metodologi waterfall. Aplikasi yang berbasis web ini mempennudah pelanggan dalam melaporkan keluhan dan melihat jawaban keluhan serta mempermudah perusahaan dalam menangani keluhan yang dilaporkan pelanggan. Dengan aplikasi tersebut,seluruh keluhan pelanggan dapat dikumpulkan dan diorganisasikan kedalam gudang data sehingga dapat di analisis. Kemudian dilakukan penggalian data untuk pare ahli pemasaran untuk meringlcas informasi yang bermanfaat tentang pelanggan. Statistik kehihan pelanggan dapat kita lihat untuk mengetahui sejauh mana pelayanan perusab terhadap pelanggan.
T he competition of air transportation services company is currently focused only on the quality of its planes. That makes many customers complaints about the quality of airline services. The shortage of corporate management in addressing the complaints reduced the value of the company in the eyes of the customers. The concept of Customer Relationship Management (CRM) is very appropriate to be applied in dealing with customers complaints. All forms of complaints giving by the customer are managed and processed to improve the corporate management. To retain existing customers is a result to be achieved. To implement the CRM concept, researchers are using an application that deals with costumer relationship management, which in its developing is using the Waterfall methodology. This web-based application is helping customer in the reporting of the complaints and get the responds for it, also to facilitate the company in handling reported customer's complaints. With this application, all of customers' complaints can be collected and organized into a database that can be analyzed. Then the marketing experts can evaluate to summarize the useful information about the customer. Statistic of Customers Complaints can be seen to determine how good the companies service to customers.