Analisis pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi
P enelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Akuntansi tingkat akhir di universitas swasta yang ada di Jakarta. Dasar penelitian ini adalah membagikan kuesioner kepada mahasiswa di universitas yang ada di Jakarta. Metode analisis data yang digunakan adalah uji kualitas data yaitu Uji Validitas dan Uji Reliabilitas serta Uji Asumsi Klasik. Dan uji hipotesis yang digunakan adalah Uji r (T-test). Kecerdasan emosional dan perilaku belajar mahasiswa memberi pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman akuntansi pada Mahasiswa Universitas Trisakti dan Mahasiswa Universitas Tarumanegara.
R esearch was conducted with the aim of analyzing the presence or absence of the influence of emotional intelligence and learning behavior on the level of understanding of accounting. Respondents in this study is the final year Accounting students at private universities in Jakarta. Basic research is distributed questionnaires to students at the university in Jakarta. Data analysis methods used are test data quality of Validity, Relaibility and Classical Assumption. And test the hypothesis test used is r (T-test). Emotional intelligence and learning behaviors of students gave a significant influence on understanding of accounting at the University of Trisakti and Tarumanagara University.