Pengaruh keterlibatan kerja terhadap customer oriented - organizational citizenship behavior pada karyawan Bank Mandiri cabang Pasar Baru Jakarta Pusat
P enelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis keterlibatan kerja pada karyawan Bank Mandiri (2) menganalisis Customer Oriented - Organizational Citizenship Behavior karyawan Bank Mandiri (3) menganalisis bagaimana pengaruh antara keterlibatan kerja terhadap Customer Oriented- Organizational Citizenship Behavior. Dalam penelitian ini variabel yang diukur adalah keterlibatan ketja sebagai variabel bebas (X) Customer Oriented - Organizational Citizenship Behavior sebagai variabel terikat (Y). Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi untuk mengetahui pengamh keterlibatan kerja terhadap Customer Oriented - Organizational Citizenship Behavior dengan menggunakan SPSS (Statistical Program for Social Science) versi 15.0. Hasil analisis keterlibatan kerja pada karyawan Bank Mandiri dinilai baik dan mengarah pada dimensi Tingkat Keterlibatan Karyawan dengan hasil rata - rata 4.10. Demikian juga dengan hasil analisis Customer Oriented - Organizational Citizenship Behavior karyawan cendemng memiliki dengan jenis Altruism dengan nilai rata - rata 4.16 sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Dimitriades (2007). Hasil analisis pengaruh keterlibatan kerja terhadap Customer Oriented Organizational Citizenship Behavior dengan nilai koefisien regresi adalah 0,768 yang artinya terdapat pengamh positf keterlibatan kerja terhadap Customer Oriented -Organizational Citizenship Behavior.
T his study aims to (1) analyze the Job Involvement on employee of Bank Mandiri (2) analyze the Customer Oriented- Organizational Citizenship Behavior employee ofBankMandiri (3) analyze the influence of Job Involvement on Customer Oriented- Organizational Citizenship Behavior. In this study, the measured variable is the Job Involvement as the independent variable (X) Customer Oriented- Organizational Citizenship Behavior as a dependent variable (Y). In this research method used is descriptive statistics and regression analysis to determine the effect of Job Involvement toward Customer Oriented- Organizational Citizenship Behavior using SPSS (Statistical Program for Social Science) version 15.0. Job Involvement on the results of the analysis of employee Bank Mandiri employees are good and leads to the dimension with the Employee Participation with mean 4.10. Similarly, the results of analysis of Customer Oriented - Organizational Citizenshi p Behavior, employees tend to have the kind of Altruism with value - average 4,16 in accordance with research conducted by Dimitriades (2007). Result analysis of the effect of Job Involvement toward Customer-Oriented - Organizational Citizenshi p Behavior with regression coefficient is 0.768, which means there is positif impact Job Involvement toward Customer Oriented - Organizational Citizenshi p Behavior.