Pengaruh financial behavior dan overconfidence terhadap investment behavior yang dimediasi oleh financial literacy orang dewasa muda.
P enelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh parents financial behavior dan overconfidence terhadap investment behavior yang dimediasi oleh financial literacy pada orang dewasa muda di Jakarta. Variabel dependent yang digunakan dalam penelitian ini adalah investment behavior. Variabel parents financial behavior dan overconfidence sebagai variabel independen, dan financial literacy sebagai variabel mediasi. Metode pengambilan sampel yang dilakukan dalm penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah metode Structural Equation Model (SEM). Hasil dalam penelitian diuraikan sebagai berikut parents financial behavior mempunyai pengaruh positif terhadap investment behavior, parents financial behavior tidak memiliki pengaruh terhadap financial literacy, financial literacy memiliki pengaruh positif terhadap investment behavior, financial literacy tidak memediasi pengaruh parents financial behavior terhadap investment behavior, dan overconfidence memiliki pengaruh positif terhadap investment behavior, sehingga perilaku keuangan yang ditunjukkan dan diajarkan orang tua berpengaruh terhadap perilaku investasi orang dewasa muda. Implikasi penelitian terhadap orang dewasa muda ialah diharapkan para orang dewasa muda dapat mempelajari nuansa keuangan sehingga dapat memiliki dasar-dasar finansial guna mencapai kesehatan finansial dan kesejahteraan untuk mempersiapkan kehidupan mereka setelah pensiun.
T his research aims to examine and analyze the influence of parental financial behavior and overconfidence on investment behavior mediated by financial literacy in young adults in Jakarta. The dependent variables used in this research are investment behavior, parents\\\' financial behavior and overconfidence as independent variables, and financial literacy as a mediating variable. This research sample used 210 respondents using the purposive sampling method. The data analysis model used is structural equation modeling (SEM). The results of this research show that parents\\\' financial behavior has a positive influence on investment behavior. Parents financial behavior has no influence on financial literacy. Financial literacy has a positive influence on investment behavior. Financial literacy does not mediate the influence of parents\\\' financial behavior on investment behavior. This means that the financial behavior shown and taught by parents influences the investment behavior of young adults. Young adults who had taught financial education by their families tend to have more positive investment behavior.