Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif: studi kasus mahasiswa akuntansi di JABODETABEK
P enelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtifdengan studi kasus mahasiswa akuntansi di Jabodetabek. Populasi dalam penelitian iniadalah Mahasiswa akuntansi generasi Z di seluruh universitas yang berwilayah diJabodetabek. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknikpengumpulan sampel menggunakan purposive sampling dengan membagi kuesioner kepadamahasiswa akuntansi di seluruh universitas yang berwilayah di Jabodetabek. Jumlahmahasiswa generasi Z yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 185 akuntan.Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda.Hasil penelitianini menunjukkan bahwa literasi keuangan, pengendalian diri, pendapatan, cashless societydan gaya hidup memiliki pengaruh positif terhadap Perilaku Konsumtif.
T his study aims to examine the factors that influence consumptive behavior with casestudies of accounting students in Jabodetabek. The population in this study were GenerationZ accounting students at all universities located in Jabodetabek. This research method usesa quantitative method with a sample collection technique using purposive sampling bydistributing questionnaires to accounting students at all universities located in GreaterJakarta. The number of Z generation students who were sampled in this study were 185accountants. The analytical method in this study uses multiple regression analysis. Theresults of this study indicate that financial literacy, self-control, income, cashless societyand lifestyle have a positive influence on consumer behavior.