Analisis pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial (CSR) terhadap pendapatan perusahaan
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengungkapan tanggung jawab sosial berpengaruh terhadap pendapatan perusahaan, pada perusahaan yang bergerak di industri pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel-variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah tanggung jawab sosial (CSR) sebagai variabel independen dan Pendapatan/Pertumbuhan Pendapatan sebagai variabel dependen ditambah Biaya Pemasaran sebagai variabel kontrol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yaitu metodologi yang berdasarkan data dari hasil pengukuran, berdasarkan variabel penelitian yang ada. Datadata yang digunakan dalam penelitian ini didapat dari laporan keuangan, laporan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahaan yang bergerak di industri pertambangan tahun 20082010. Sampel pada penelitian ini berjumlah 12 (dua belas) perusahaan. Pengujian statistik dilakukan dengan menggunakan metode uji instrumen, uji signifikansi model dan uji hipotesis, dengan tingkat kesalahan sebesar 5%. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang positif secara signifikan antara Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial terhadap Pendapatan/Pertumbuhan Pendapatan Perusahaan.
T his research is aimed to understand if disclosure social responsibility influence towards corporate income, the company engaged in the mining industry which is listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI). The variables used in this research are social responsibility as independent variable and corporate income as dependent variable plus the cost of marketing as a control variable. The method used in this research is methodology of quantitative research methods are based on data from the measurement results, based on existing research variables. The data used in this research derived from financial statements, annual reports and sustainability reporting company engaged in the mining industry in 2008-2010. Samples in this research amounted to 12 (twelve) companies. Statistical testing performed using the method of test instruments, test of significance and hypothesis testing model, with an error rate of 5%. From the result showed that there is no significant positive effect between Social Responsibility Disclosure of Income/Growth Company Income.