Pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan return on equity sebagai variabel moderasi
P enelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan, (2) pengaruh return on equity sebagai variabel moderasi dalam hubungan antara tanggung jawab sosial perusahaan dan nilai perusahaan. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan selain sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2010 dengan menggunakan metode purposive sampling. Ada 48 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel dalam penelitian ini. Metode analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) secara simultan pengungkapan tanggung jawab sosial, interaksi antara tanggung jawab sosial dan return on equity berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan (2) secara parsial, hanya tanggung jawab sosial perusahaan yang berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan variabel return on equity pada penelitian ini tidak memiliki pengaruh sebagai variabel moderasi antara tanggung jawab sosial dan nilai perusahaan.
T his study aims to examine: (1) the influence of corporate social responsibility disclosure to firms’ values, (2) the influence of return on equity as a moderating variable in the relations between corporate social responsibility and firms' values. This study uses samples of companies other than financial sector companies which listed in Indonesia Stock Exchange for the period 2008 to 2010 using purposive sampling method. There are 48 companies there are fit to sample requirements in this study. The method analysis of this research uses panel data analysis. The study shows (1) simultaneously, corporate social responsibility disclosure and interaction between corporate social responsibility and return on equity significantly affect to firms’ values and (2) partially, it is only corporate social responsibility have an effect on significant to firms’ values. However, this study also shows that variable of return on equity does not have any effects as a moderating variable the relations between corporate social responsibility and firms values.