Pengaruh struktur modal, pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dan perencanaan pajak terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai pemoderasi
P enelitian ini membahas mengenai pengaruh struktur modal, pengungkapantanggung jawab sosial perusahaan dan perencanaan pajak terhadap nilai perusahaandengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi pada perusahaan manufaktur yangterdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2015 sampai tahun 2017. Teknik yangdigunakan dalam pengumpulan data adalah purposive sampling. Data diperolehdengan menganalisis laporan keuangan tahunan perusahaan. Metode analisis datayang digunakan adalah regresi linear berganda untuk menganalisis pengaruh strukturmodal, pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaandengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi. Hasil penelitian menunjukanbahwa struktur modal tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan,Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh positif terhadap nilaiperusahaan, perencanaan pajak tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan.Profitabilitas sebagai variabel moderasi tidak berhasil memperkuat pengaruh strukturmodal, pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dan perencanaan pajakterhadap nilai perusahaan.
T he purpose of this study is to examine the influence of capital structure,corporate social responsibility disclosure, and tax planning to firm value with theprofitability as a moderating variable. The object of this study is all manufacturecompanies that are listed in Indonesia Stock Exchange during the period of 2015-2017. This study uses a purposive sampling to gather and sort data. Data gatheredby analyzing annual financial statement issued by the companies. Writer use multiplelinear regression method to analyze the influence of capital structure, corporatesocial responsibility disclosure, and tax planning to firm value with the profitabilityas a moderating variable. The result of this study showed that capital structure hasno influence to firm value, corporate social responsibility has positive influence tofirm value, tax planning has no influence to firm value. For the moderating variable,profitability does not strengthening the influence of capital structure, corporatesocial responsibility disclosure, and tax planning to firm value.