Pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadap price book value dengan corporate social responsibility sebagai pemoderasi (studi empiris perusahaan sektor consumer non-cyclicals yang terdaftar di bei pada tahun 2019-2022)
P enelitian ini menginvestigasi pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Price Book Value (PBV), dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai faktor pemoderasi, fokus pada perusahaan Sektor Consumer Non-Cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari Tahun 2019 hingga 2022. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang hubungan antara indikator kinerja keuangan sambil mempertimbangkan peran pemoderasi dari kegiatan CSR. Dengan mengetahui pentingnya pengaruh penerapan CSR terutama pada Perusahaan Sektor Consumer Non-Cyclicals diakibatkan dengan banyaknya respon negatif apabila penerapan CSR ini tidak dilakukan. Kegiatan CSR ini juga bisa digunakan sebagai suatu keunggulan bersaing perusahaan untuk dapat meningkatkan penjualan karena hal ini akan menarik para konsumen. Dengan menggunakan analisis kuantitatif, penelitian ini menguji data keuangan dan laporan CSR untuk mendapatkan wawasan. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang signifikan antara ROA, CR, dan PBV, menunjukkan pentingnya dalam menentukan valuasi pasar. Selain itu, praktik CSR terbukti memoderasi hubungan ini, menunjukkan pentingnya praktik bisnis yang etis dan berkelanjutan dalam membentuk persepsi investor. Temuan ini memberikan kontribusi bagi literatur keuangan dan CSR, serta memberikan implikasi bagi manajer dan pembuat kebijakan di industri Sektor Consumer Non-Cyclicals.
T his research investigates the influence of Profitability and Liquidity on Price Book Value (PBV), with Corporate Social Responsibility (CSR) as a moderating factor, focusing on Consumer Non-Cyclicals Sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange ( BEI) from 2019 to 2022. This research aims to provide an overview of the relationship between financial performance indicators while considering the moderating role of CSR activities. By knowing the importance of the influence of CSR implementation, especially in Non-Cyclical Consumer Sector Companies, there will be many negative responses if CSR implementation is not carried out. This CSR activity can also be used as a competitive advantage for the company to increase sales because this will attract consumers. Using quantitative analysis, this research examines financial data and CSR reports to gain insight. The research results show a significant relationship between ROA, CR, and PBV, indicating their importance in determining market valuation. Additionally, CSR practices were shown to moderate this relationship, indicating the importance of ethical and sustainable business practices in shaping investor perceptions. These findings contribute to the finance and CSR literature, as well as providing implications for managers and policy makers in Consumer Non-Cyclicals industries.