Pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi
T ujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris mengenai pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan emosional diukur dengan lima dimensi yaitu pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial, dan perilaku belajar diukur dengan empat dimensi yaitu kebiasaan belajar, kebiasaan membaca buku, kunjungan ke perpustakaan, dan kebiasaan menghadapi ujian, sedangkan tingkat pemahaman akuntansi diukur rata-rata nilai mata kuliah yang berkaitan dengan akuntansi. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan skala likert interval yang diadopsi dari Marita, Suryaningrum, dan Shaalih (2008). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive convenience sampling. Alat analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Dari lima dimensi kecerdasan emosional pengendalian diri dan motivasi memiliki pengaruh terhadap pemahaman akuntansi. Sedangkan pengenalan diri, empati, dan keterampilan sosial tidak memiliki pengaruh. Pada variable perilaku berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, sedangkan kebiasaan mengikuti pelajaran dan kunjungan ke perpustakaan tidak berpengaruh. Bagi penelitian yang akan dating disarankan untuk melakukan penelitian dengan sampel yang lebih luas dan melakukan wawancara langsung dengan koresponden selain dengan kuesioner.
T he purpose of this study is to prove empirically the influence of emotional intelligent and learning behavior toward accountancy understanding level. Emotional intelligent is measured by five dimensions of self-knowledge, self control, motivation, emphaty, and social skills, and learning behavior was measured with four dimensions of habits of attending the class, reading habits, visits to the library, and habits of the exam, while the measured level of understanding of accounting. Data obtained by distributing a questionnaires with Likert scale interval adopted from Marita, Suryaningrum, and Shaalih (2008). The sampling technique used was purposive convenience sampling. The analytical tool used to test the hypothesis is multiple linear regression. Result of hypothesis test showed a significant effect of emotional intelligence and learning behavior toward accountancy understanding level. Of the five dimensions of emotional intelligence of self-control and motivation have an influence toward accountancy understanding level, while the introduction of self, emphaty and habits of reading books exams significant effect on the toward accountancy understanding level, whereas the habits of attending the class, and visits to the library have no effect. For future studies are advice to conduct research with larger samples and conduct direct interviews with correspondents in addition to the questionnaire.