DETAIL KOLEKSI

Analisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan gender sebagai variabel moderating

1.0


Oleh : Indira Josephine Anastasia

Info Katalog

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2012

Pembimbing 1 : Vinola Herawaty

Subyek : Behavioral Accounting

Kata Kunci : emotional intelligence, self-awareness, self-regulation, self-motivation, social awareness, social s

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2012_TA_AK_023082001_8.pdf
2. 2012_TA_AK_023082001_7.pdf
3. 2012_TA_AK_023082001_6.pdf
4. 2012_TA_AK_023082001_5.pdf
5. 2012_TA_AK_023082001_4.pdf
6. 2012_TA_AK_023082001_3.pdf
7. 2012_TA_AK_023082001_2.pdf
8. 2012_TA_AK_023082001_1.pdf

T ujuan dari skripsi ini adalah untuk menginvestigasi pengaruh kecerdasan emosional mahasiswa terhadap tingkat pemahaman akuntansinya, pengaruh gender mahasiswa terhadap tingkat pemahaman akuntansinya, serta pengaruh kecerdasan emosional mahasiswa terhadap tingkat pemahaman akuntansinya dengan gender sebagai variabel pemoderasinya. Kecerdasan emosional diukur dengan pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial, sedangkan tingkat pemahaman akuntansi diukur dengan IPK dan nilai mata kuliah akuntansi tertentu, yang diwakilkan oleh enam mata kuliah yaitu PA 1, PA 2, AK 1, AK 2, AKL 1, dan AKL 2. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan dan mengukur kecerdasan emosional dan tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa adalah kuesioner dengan skala Likert 5-Point yang disebarkan pada mahasiswa akuntansi dari Universtias Trisakti, Bina Nusantara, dan Tarumanagara. Hasil analisis menunjukkan empati berpengaruh signifikan terhadap IPK, dan ditinjau secara simultan kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap IPK, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai mata kuliah akuntansi. Sementara itu gender berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, dan melalui interaksinya dengan gender dimensi pengenalan diri berpengaruh signifikan terhadap IPK. Studi mendatang diharapkan dapat menggunakan sampel yang lebih besar, menggunakan instrumen yang berbeda, serta membahas lebih luas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman akuntansi.

T he purpose of this experiment is to investigate the effect of students’ emotional intelligence to their accountancy level of understanding, the effect of students’ gender to their accountancy level of understanding, and the effect of students’ emotional intelligence to their accountancy level of understanding with gender as the moderating variable. Emotional intelligence is measured by selfawareness, self-regulation, self-motivation, social awareness, and social skills, whereas accountancy level of understanding is measured with GPA and specific Grades, such as which is represented by Accounting Principle 1, Accounting Principle 2, Intermediate Accounting 1, Intermediate Accounting 2, Advanced Accounting 1, and Advanced Accounting 2. The instrument used to note and measure students’ emotional intelligence and accountancy level of understanding is a 5-Point Likert questionnaire given to students of Accounting Major of Trisakti, Bina Nusantara, and Tarumanagara University. The result of analysis shows that empathy affects GPA significantly, but does not significantly affect Grades; while concurrently empathy and the other four elements of emotional intelligence affect GPA. Meanwhile gender affects accountancy level of understanding significantly, and through the interaction with self-awareness influences the connection between self-awareness and GPA. Future experiments are expected to use larger samples, different instruments, and analyzing broader factors affecting accountancy level of understanding.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?