Hubungan dukungan sosial dan kinerja pada petugas penanggulangan bencana
P etugas penanggulangan bencana adalah sesorang yang bertugas dalam upayapenanggulangan bencana yang penting dalam keberhasilan upaya mengurangirisiko kerusakan bencana. Petugas dapat merasa kelelahan baik fisik dan mentalsehingga perlu diperhatikan perlindungan dan keselamatan kerja. Salah satu faktoryang mempengaruhi kinerja petugas penanggulangan bencana adalah dukungansosial. Penelitian ini bertujuan untuk menilai hubungan antara dukungan sosialdan kinerja petugas penanggulangan bencana.METODEPenelitian dilaksanakan di kantor BPBD dan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakartadengan sampel berjumlah 80 orang yang memiliki pengalaman kerja minimal 1tahun dan pernah mengikuti kegiatan penaggulangan bencana. Penelitian inimenggunakan teknik concequtive non random sampling yang merupakan teknikyang menggunakan subjek yang diambil secara acak dalam satu populasi. Datadikumpulkan dengan menggunakan Kuesioner kinerja dan Skala dukungan sosial.Analisis data menggunakan Fisher\'s Exact Test dengan tingkat kemaknaan p <0,05.HASILMayoritas petugas penanggulangan adalah laki-laki (92,5%), berusia dewasa(60,0%) dan 57,1% petugas memiliki tingkat kinerja yang tinggi. Dukungan sosialyang diterima petugas penanggulangan bencana tinggi-sangat tinggi sebanyak95,0%. Uji analisis dilakukan dengan menggunakan metode Fisher\'s Exact Testdengan hasil p-value 0,120 (> 0,05).KESIMPULANPada penelitian ini tidak terdapat hubungan antara dukungan sosial dan kinerjapada petugas penanggulangan bencana.
A disaster management officer is someone who is in charge of disastermanagement efforts which is important in the success of efforts to reduce the riskof disaster damage. Officers can feel tired both physically and mentally so theyneed to pay attention to work protection and safety. One of the factors thatinfluences the performance of disaster management officers is social support. Thisstudy aims to assess the relationship between social support and the performanceof disaster management officers.METHODThe research will be carried out at the BPBD office and the DKI JakartaProvincial Social Service with a sample of 80 people who have at least 1 year ofwork experience and have participated in disaster management activities. Thisresearch uses a sequential non-random sampling technique, which is a techniquethat uses subjects taken at random in a population. Data was collected using aperformance questionnaire and a social support scale. Data analysis used Fisher\'sExact Test with a significance level of p < 0.05.RESULTThe majority of response officers are men (92.5%), adults (60.0%) and 57.1% ofofficers have a high level of performance. The social support received by disastermanagement officers is very high, at 95.0%. The analysis test was carried outusing the Fisher\'s Exact Test method with a p-value of 0.120 (> 0.05).CONCLUSIONIn this study, there was no relationship between social support and theperformance of disaster management officers.