Pengaruh pendidikan tinggi akuntansi terhadap kecerdasan emosional
P enelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis ada tidaknya Perbedaan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual antara mahasiswa junior dan mahasiswa tingkat akhir, antara mahasiswa dan bukan mahasiswa dengan tingkat usia yang sama, serta menganalisis pola hubungan antara kualitas lembaga pendidikan tinggi akuntansi yang menyelenggarakan proses belajar mengajar dengan tingkat kecerdasan emosional mahasiswanya. Alat analisis yang digunakan adalah uji beda. Hasil penelitian ini adalah tingkat kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual mahasiswa junior dan mahasiswa tingkat akhir jurusan akuntansi berbeda secara signifikan, namun perbedaan itu lebih dipengaruhi oleh faktor usia saja. Hal ini dapat diketahui karena tingkat kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual mahasiswa tingkat akhir berbeda secara signifikan dengan pemuda sebaya yang tidak pernah mengikuti pendidikan tinggi akuntansi, dalam hal ini karyawan memiliki skor kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual yang lebih baik daripada mahasiswa tingkat akhir, sehingga pengalaman mengikuti pendidikan tinggi akuntansi ternyata tidak menimbulkan perbedaan tingkat kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual seseorang. Kualitas lembaga pendidikan tinggi akuntansi yang lebih baik, terbukti memberikan pengaruh berarti terhadap tingkat kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual seorang mahasiswa
T his watchfulness is done with a purpose to analyze there not it emotional intelligence difference and intelligence spiritual between junior student university and level student university ends, between student university and not student university with age level same, with analyze connection pattern between accounting higher education institution quality that conduct process learns to teach with the student university emotional intelligence level. Analysis that used test difference. This watchfulness result emotional intelligence level and intelligence spiritual junior student university and level student university ends accounting direction differ according to significant, but that difference is more is influenced by age factor. This matter knowable because emotional intelligence level and intelligence spiritual level student university ends differ according to significant with boy coeval never follow accounting higher education, in this case has emotional intelligence score and intelligence spiritual better than level student university ends, so that experience follows accounting higher education obvious doesn't evoke emotional intelligence level difference and intelligence spiritual somebody. Accounting higher education institution quality better, proved give influence means towards emotional intelligence level and intelligence spiritual a student university.