DETAIL KOLEKSI

Hubungan antara komunikasi orang tua dengan kecerdasan emosional pada usia 19-24 tahun


Oleh : Rizal Maulana Ramdhan

Info Katalog

Nomor Panggil : S 1663

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Pusparini

Subyek : Emotional intelligence;Domestic relations

Kata Kunci : emotional intelligence, communication, parents, father, mother

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2020_TA_SKD_-03016133_Halaman-Judul.pdf
2. 2020_TA_SKD_-03016133_Pengesahan.pdf 1
3. 2020_TA_SKD_-03016133_Bab-1_Pendahuluan.pdf 4
4. 2020_TA_SKD_-03016133_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2020_TA_SKD_-03016133_Bab-3_Kerangka-Konsep.pdf
6. 2020_TA_SKD_-03016133_Bab-4_Metode-Penelitian.pdf
7. 2020_TA_SKD_-03016133_Bab-5_Hasil-Penelitian.pdf
8. 2020_TA_SKD_-03016133_Bab-6_Pembahasan.pdf
9. 2020_TA_SKD_-03016133_Bab-7_Kesimpulan.pdf
10. 2020_TA_SKD_-03016133_Daftar-Pustaka.pdf 4
11. 2020_TA_SKD_-03016133_Lampiran.pdf

L atar belakang : Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri, dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungan dengan orang lain. Orang tua memiliki peran yang penting terhadap pengembangan kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah komunikasi orang tua berpengaruh terhadap kecerdasan emosional.Metode : Studi ini menggunakan desain cross sectional. Pemilihan subjek menggunakan metode simple random sampling sebanyak 120 orang usia 19-24 tahun yang sedang menjalani studi di Institut Pertanian Bogor Departemen Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini menggunakan kuesioner Parent-Adolescent Communication Scale (PACS) dan Trait Emotional Intelligence Questionnaire-Short Form (TEIQue-SF). Analisa statistik menggunakan uji Chi-Square dengan nilai p < 0,05 berbeda bermakna.Hasil : Rerata usia subjek penelitian ini adalah 20,5 ± 0,2 tahun. Sebagian besar subjek memiliki kecerdasan emosional yang baik sebanyak 95 orang (79,2%). Terdapat hubungan yang bermakna antara komunikasi terbuka ibu dengan kecerdasan emosional (p=0,000). Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara kecerdasan emosional dengan komunikasi terbuka ayah (p=0,658), masalah komunikasi dengan ayah (p=0,051), dan masalah komunikasi dengan ibu (p=0,159).Kesimpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara komunikasi terbuka ibu dengan kecerdasan emosional, sedangkan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara komunikasi terbuka ayah, masalah komunikasi ayah, dan masalah komunikasi ibu

B ackground: Emotional Intelligence is defined as the ability to identify our own and others emotion, ability to motivate ourselves, and ability to control your own emotion and also others emotion. Parents have an important role towards child’s emotional intelligence development. Therefore, This Study was conducted to determine the relationship between parent communication and emotional intelligence.Method: This study used a cross-sectional design. Subject selection for this study was simple random sampling with a total 120 persons who are 19-24 years old and conducting study in Institut Pertanian Bogor Departemen Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Data was collected by filling out the Parent-Adolescent Communication Scale (PACS) for parent communication and the Trait Emotional Intelligence Questionnaire-Short Form (TEIQue-SF) for emotional intelligence. Data analysis using Chi-square with p value < 0.05 means significantly different.Result: Mean age of the subjects are 20.5 ± 0.2 tahun. Most of the subjects has good emotional intelligence, which is 95 persons (79.2%). There is a relationship between mother’s open communication with emotional intelligence (p=0.000). There is no relationship between emotional intelligence with father’s open communication (p=0.658), father’s communication problems (p=0.051), and mother’s communication problem (p=0.159)Conclusion: There is a relationship between mother’s open communication with emotional intelligence, while there is no relationship between father’s open communication, father’s communication problem, and mother’s communication problem.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?