Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja auditor pada kantor akuntan public di DKI Jakarta
P enelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja auditor pada kantor akuntan public di DKI Jakarta. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam perkembangan teori-teori akuntansi khususnya untuk perilaku akuntan dan dapat memberikan masukan didalam organisasi terutama kantor akuntan public. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode metode convenience berdasarkan kriteria purposive sampling Pengumpulan data dilakukan dengan mengirimkan kuesioner secara langsung kepada auditor yang berkerja di DKI Jakarta. Kriteria responden yaitu auditor yang menjabat sebagai junior auditor, senior auditor, dan supervisor. Kuesioner yang terkumpul berjumlah 70 kuesioner. Data dianalisa dengan menggunakan metode regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) pengenalan diri tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja auditor, (b) pengendalian diri berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja auditor, (c) motivasi tidak berpengaruh secat•a signifikan terhadap kinerja auditor, (d) empati berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja auditor, (e) keterampilan sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja auditor, (f) pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja auditor.
T his study aims to analyze the influence of emotional intelligence on performance of auditors in public accounting firm in Jakarta. This research is expected to contribute in the development of theories accounting for the behavior of accountants and in particular to provide input in the organization, especially a public accounting firm. The sampling method is method convenience . Data collected by sending questionnaires directly to the auditor who was in the region of DKI Jakarta. Criteria for the auditor respondents who served as a junior auditor, senior auditor, and supervisors. The questionnaires collected is 70 questionnaire. The data were analyzed by multiple regression. The results showed that (a) self-knowledge does not significantly influence the performance of the auditor, (b) self-control significantly influence the performance of the auditor, (c) motivation does not significantly influence the performance of the auditor, (d) empathy significantly influence the performance auditors, (e) social skills did not significantly influence the performance of the auditor, (f) self-knowledge, self-control, motivation, empathy and social skills significantly influence the performance of auditors.