Pengaruh extrinsic motivation, absorptive capacity, dan channel richness terhadap sikap mahasiswa akuntansi atas perilaku sharing knowledge dengan kepercayaan diri sebagai variabel intervening
T ujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon mahasiswa akuntansi terhadap penggunaan metode pembelajaran berbagi pengetahuan, untuk meningkatkan motivasi mahasiswa akuntansi dalam berprestasi dengan tergabung dalam sebuah komunitas atau tim berbagi pengetahuan, untuk mengetahui seberapa besar minat mahasiswa akuntansi dalam metode berbagi pengetahuan terhadap perilaku individu, dan untuk mengetahui pengaruh motivasi ekstrinsik, kapasitas penyerapan pengetahuan dan media komunikasi terhadap perilaku berbagi pengetahuan. Dalam penelitian ini, yang menjadi variabel independen adalah extrinsic motivation, absorptive capacity dan channel richness dan kepercayaan diri sebagai variable intervening. Pengujian dilakukan dengan metode SEM dan Uji T. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner sebanyak 250 di perguruan tinggi swasta di Jakarta. Jenis skala yang digunakan adalah skala likert. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa variabel extinsic motivation dan channel richness terbukti memiliki pengaruh terhadap sharing knowledge. Variable kepercayaan diri terbukti memediasi variabel extrinsic motivation dan channel richness.
T he purpose of this study were to evaluate the response to use of method of accounting students learning to share knowledge, to improve accounting students in achievement motivation with the members of a community or team to share knowledge, to find out how much interest in methods of accounting students share their knowledge of individual behavior, and to determine the effect of extrinsic motivation, knowledge absorption capacity and communication media on behavior of knowledge sharing. In this research, the independent variable is extrinsic motivation, absorptive capacity and channel richness and confidence as an intervening variable. That analyzer used is SEM of method and T Test. The data was collected by distributing questionnaires of 250 in private universities in Jakarta. All of variable are measures with likert’s scale. The test results obtained variable extinsic motivation and channel richness is shown to have influence on knowledge sharing. Variable confidence shown to mediate the extrinsic motivation variable and channel richness.