Pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPA) pada universitas swasta di Jakarta
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti PPA . Terutama dalam motivasi kualitas,motivasi karir,dan motivasi ekonomi,motivasi sosial. Data dikumpulkan dengan metode kuisioner dengan membagi ke dalam lima pernyataan,yaitu motivasi kualitas,motivasi karir,motivasi ekonomi,motivasi sosial, dan minat. Dengan menggunakan random sampling,maka jumlah responden dalam penelitian ini adalah 182 responden,terdiri dari 80 responden mahasiswa dari Universitas Trisakti, 50 responden mahasiswa dari Universitas Tarumanegara,dan 52 reponden mahasiswa dari Universitas Perbanas. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan analisis regresi,analisis korelasi ganda,analisis koefisien determinasi simultan,analisis koefisien determinasi parsial,analisis pengujian hipotesis simultan,analisis pengujian hipotesis parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi secara simultan dengan hasil 36,4% dan sisanya 63,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Secara parsial motivasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPA) pada Universitas Swasta di Jakarta, namun untuk variabel motivasi ekonomi secara parsial tidak berpengaruh signifikan.
T his study aims to determine how much student interest accounting to follow the PPA. Especially in the quality of motivation, career motivation, and economic motivation, social motivation. Data collected by questionnaire method by dividing into five statements, namely the motivation of quality, career motivation, economic motivation, social motivation, and interest. By using random sampling, the number of respondents in this research was 182 respondents, consisting of 80 respondents from Trisakti University students, 50 students from the University of Tarumanegara respondents, and 52 respondents were students from University Perbanas . The analysis technique used is regression analysis, correlation analysis of multiple, simultaneous determination coefficient analysis, analysis of the partial coefficient of determination, analysis of simultaneous hypothesis testing, analysis of partial hypothesis testing. The results of this study indicate that the influence of motivation on student interest to follow the accounting profession education simultaneously with the remaining 36.4% and 63.6% influenced by other factors. Partially motivation have a significant influence on student interest to follow the accounting profession education (PPA) in the Private University in Jakarta, but for the economy as a partial motivation variable has no significant effect.