Pengaruh motivasi belajar, disiplin belajar, gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi swasta di Jakarta Barat dengan berpikir kritis sebagai moderasi
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, disiplinbelajar, dan gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi swasta dijakarta barat dengan berpikir kritis sebagai moderasi. Variabel independent dalampenelitian ini adalah motivasi belajar, disiplin belajar, dan gaya belajar. Variabelmoderasi penelitian ini adalah berpikir kritis sedangkan variabel dependentnyaadalah prestasi belajar. Sampel yang digunakan yaitu 100 mahasiswa/i dari 3universitas swasta di Jakarta Barat. Teknik sampling yang digunakan adalahconvenience sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar berpengaruh positif terhadapprestasi belajar mahasiswa, (2) disiplin belajar berpengaruh positif terhadap prestasibelajar mahasiswa, (3) gaya belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajarmahasiswa, (4) berpikir kritis memperkuat pengaruh motivasi terhadap prestasibelajar, (5) berpikir kritis memperkuat pengaruh disiplin terhadap prestasi belajar, (6)berpikir memperkuat pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar.
R esearch aims to understand the influence of the motivation to study,discipline learning, and learning style to learning achievements accounting studentsprivate in west Jakarta by think critically as moderation. Variable independent inthis research was the motivation to study, discipline learning, and learning style.Variable moderation this research is think critically while variable dependent islearning achievements. Sample used the 100 students of 3 private universities in westJakarta. Sampling techniques used is convenience sampling. This research uses themethod the questionnaire. This research result indicates that : (1) The motivation tostudy have had a positive impact on learning achievements students, (2) Disciplinelearn have had a positive impact on learning achievements students, (3) Learningstyle have had positive impact on learning achievements students, (4) Think criticallystrengthen the influence of motivation to learning achievements (5) Think criticallystrengthen the influence of discipline to learning achievements (6) Think criticallystrengthen the influence of learning style to learning achievements.