DETAIL KOLEKSI

Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti

5.0


Oleh : Shabrina Wista Adityaningrum

Info Katalog

Nomor Panggil : 370.154 Adi f

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2014

Pembimbing 1 : Purnamawati Tjhin

Subyek : Motivation in education;Learning - Psychology

Kata Kunci : learning motivation, gender, age, learning facilities, lecturer, friends

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2014_TA_KD_03010251_Halaman-Judul.pdf
2. 2014_TA_KD_03010251_Bab-1-Pendahuluan.pdf 5
3. 2014_TA_KD_03010251_Bab-2-Tinjauan-Literatur.pdf
4. 2014_TA_KD_03010251_Bab-3-Kerangka-Konsep.pdf
5. 2014_TA_KD_03010251_Bab-4-Metode.pdf
6. 2014_TA_KD_03010251_Bab-5-Hasil.pdf
7. 2014_TA_KD_03010251_Bab-6-Pembahasan.pdf
8. 2014_TA_KD_03010251_Bab-7-Kesimpulan.pdf
9. 2014_TA_KD_03010251_Daftar-Pustaka.pdf 3
10. 2014_TA_KD_03010251_Lampiran.pdf

L ATAR BELAKANG Fakultas Kedokteran Trisakti saat ini menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi, dengan strategi pembelajaran PBL (problem based learning). Pada strategi pembelajaran PBL, motivasi belajar mahasiswa memegang peranan penting. Motivasi belajar yang tinggi akan meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa, khususnya di Fakultas Kedokteran Trisakti.METODEPenelitian menggunakan desain penelitian cross sectional yang mengikutsertakan 224 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti. Data dikumpulkan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner yang meliputi motivasi belajar, jenis kelamin, usia, proses pembelajaran, fasilitas kampus, persepsi kinerja dosen dan hubungan dengan teman. Analisis untuk mencari hubungan antara faktor-faktor tersebut dengan motivasi belajar dilakukan dengan uji Fisher (karena syarat chi square tidak terpenuhi) dengan menggunakan SPSS for Windows versi 20.0 dan tingkat kemaknaan yang digunakan besarnya 0,05.HASILRerata motivasi belajar pada mahasiswa sebesar 5,15±0,7. Mahasiswa dengan jenis kelamin perempuan (84%), usia ≥ 20 tahun (68,9%), fasilitas kampus yang sesuai harapan (11,9%), persepsi baik terhadap kinerja dosen (99,2%) memiliki motivasi yang tinggi, walaupun tidak memiliki hubungan yang bermakna (p > 0,05). Mahasiswa yang tidak memiliki masalah dengan teman (94,7%) memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi (p = 0,000). Mayoritas mahasiswa memilih kuliah dosen sebagai metode pembelajaran yang paling dapat meningkatkan motivasi belajar (38,9%).KESIMPULANRerata motivasi belajar mahasiswa termasuk dalam kategori motivasi tinggi. Motivasi belajar mahasiswa tidak berhubungan dengan usia, jenis kelamin, persepsi kinerja dosen dan fasilitas kampus, tetapi berhubungan dengan faktor teman. Mayoritas mahasiswa memilih kuliah dosen sebagai metode pembelajaran yang paling dapat meningkatkan motivasi belajar.

B ACKGROUND Faculty of Medicine Trisakti University using competency based curiculum with PBL learning strategies. In the PBL learning strategies, student learning motivation plays an important role. High learning motivation will be increase result of study. Because of that, it’s important to know the factors that affect student learning motivation.METHODS Research using cross-sectional design and 224 students in Faculty of Medicine, Trisakti University were included. Data were collected by interview using a questionnaire that includes learning motivation, gender, age, learning processes, learning facilities, perceptions of lecturer performance and relation with friends. Analysis to find the relation between the factors and student learning motivation using Fisher test (because chi square’s requirements is not fulfilled ). Analysis using SPSS for Windows release 17.0 and significance level in 0,05.RESULTS The average of student learning motivation is 5,15±0,7. Students with female gender (84%), age ≥ 20 years old (68,9%), learning facilities as expected (11,9%), good perceptions of lecturer performance (99,2%) have high learning motivation, although they have no meaningful correlation. Students who don’t have a problem with others (94,7%), tend to have high learning motivation than the ones who do (p = 0,000). Most of the student choose a college lecturer as a learning process that can increase motivation (38,9%).CONCLUSIONS The average of student learning motivation is included in high category. Student learning motivation is no correlation with age, gender, perceptions of lecturer performance and learning facilities, but have a correlation with friends. Most of the student choose a lecturer as a learning process that can increase motivation.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?