Perbedaan tingkat pengetahuan dan sikap mahasiswa medis dan non-medis terhadappencegahan penyebaran covid-19 : Kajian pada mahasiswa kampus A dan B Universitas Trisakti
P andemi COVID-19 membawa berbagai perubahan pada kehidupan masyarakat sehari-hari termasuk dalam menjalani pendidikan. Namun, pemerintah di Indonesia sudah merencanakan kegiatan pembelajaran secara tatap muka (PTM), sedangkan potensi penyebaran COVID-19 masih tinggi. Tujuan: Mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan antara mahasiswa medis dan non-medis terhadap pencegahan penyebaran COVID-19. Metode: Penelitian observasional analitik yang dilakukan dengan pendekatan cross sectional (potong lintang). Pengambilan data dilakukan kepada 197 responden dengan menggunakan kuesioner pengetahuan dan sikap terhadap pencegahan penyebaran COVID-19 yang disebarkan kepada kedua kelompok responden secara daring. Hasil: Gambaran sikap dan pengetahuan terhadap pencegahan penyebaran COVID-19 kedua kelompok responden adalah baik dengan nilai rata-rata tingkat pengetahuan mahasiswa medis sebesar 8,2 dan mahasiswa non-medis sebesar 7,8, sedangkan untuk nilai rata-rata sikap mahasiswa medis didapatkan 78 dan mahasiswa non-medis sebesar 79. Untuk nilai yang didapatkan dari hasil uji Mann Whitney pada tingkat pengetahuan adalah Nilai Signifikansi = 0,016, sedangkan untuk sikap adalah Nilai Signifikansi = 0,440. Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan tingkat pengetahuan dan tidak terdapat adanya perbedaan sikap antara mahasiswa medis dan non-medis terhadap pencegahan penyebaran COVID-19.
T he COVID-19 pandemic has brought various changes to people’s daily lives, including of the education activities. However, the government in Indonesia has planned offline learning activities, while the potential for the spread of COVID-19 is still high. Objective: To find out the difference in the level of knowledge between medical and non-medical students towards preventing the transmission of COVID-19. Methods: Analytical observational research conducted with a cross sectional approach. Data collection was carried out on 197 respondents using a knowledge and attitude questionnaire on preventing the transmission of COVID-19 which was distributed by online. Results: The description of attitudes and knowledge towards preventing the transmission of COVID-19 of the two groups of respondents is good with an average value of the knowledge level of medical students is 8.2 and non-medical student is 7.8, while the average value of the attitudes of medical students is obtained 78 and non-medical students is 79. For the value obtained from the results of the Mann Whitney test at the level of knowledge is Significance Value = 0.016, while for attitude is Significance Value = 0.440. Conclusion: This study shows that there are differences in knowledge levels and there are no differences in attitudes between medical and non-medical students towards preventing the transmission of COVID-19.