Gambaran tingkat kepuasan terhadap kualitas hidup pada lansia pemakai gigi tiruan lengkap : observasi pada Panti Graha Werdha Aussi Kusuma Lestari (Laporan Penelitian)
O ral Health Related Quality of Life (OHRQoL) merupakan persepsi individu terhadap kualitas hidupnya yang berhubungan dengan kesehatan gigi dan mulut. Kepuasan pasien adalah tanggapan yang diberikan oleh pasien dengan membandingkan hasil yang diharapkan pasien dan hasil yang diterima dari layanan kesehatan tersebut. Kepuasan pasien diharapkan dapat meningkatkan keberhasilan suatu perawatan. Perawatan gigi tiruan lengkap pada lansia sendiri dinyatakan berhasil jika dapat mengembalikan fungsi-fungsi dari gigi sehingga dapat meningkatkan OHRQoL dari pasien. Tujuan: Untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan terhadap kualitas hidup lansia pemakai gigi tiruan lengkap. Metode: Jenis penelitian ini adalah observational deskriptif dengan rancangan potong silang. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner OHIP-EDENT dan Turker’s Patient’s Perception-ID kepada 23 lansia di panti Graha Werdha Aussi Kusuma Lestari. Hasil: 67% responden yang memiliki tingkat kepuasan tinggi cenderung memiliki OHRQoL baik dan 33% responden dengan tingkat kepuasan yang tinggi memiliki OHRQoL sedang. Responden yang memiliki tingkat kepuasan yang rendah cenderung memiliki OHRQoL yang sedang dan buruk. Kesimpulan: Mayoritas responden pemakai gigi tiruan lengkap di panti graha werdha aussi kusuma lestari memiliki OHRQoL baik dan tingkat kepuasan yang tinggi. Hal ini dikarenakan rata-rata durasi pemakaian gigi tiruan lengkap lebih dari 4 tahun, dan responden telah memakai lebih dari satu gigi tiruan lengkap.
O ral Health-Related Quality of Life (OHRQoL) is an individual's perception of the quality of their life related to oral health. Patient satisfaction is the response given by the patient by comparing the patient's expected results and the results received from these health services. Patient satisfaction is expected to increase the success of treatment. Complete denture treatment on elderly is successful if it can restore the functions of the teeth so that it can increase the OHRQoL of the patient. Aim: To determine the level of satisfaction OHRQoL of the elderly who wears complete dentures. Metode: This is an observational descriptive study with a cross-sectional research design. The study was conducted by distributing OHIP-EDENT and Turker's Patient's Perception-ID questionnaires to 23 elderly at the Graha Werdha Aussi Kusuma Lestari nursing home. Results: 67% of respondents who have a high level of satisfaction tend to have a good OHRQoL and 33% of respondents with a high level of satisfaction have a moderate OHRQoL. Respondents who have low levels of satisfaction tend to have moderate and poor OHRQoL. Conclusion: The majority of respondents who wear complete dentures in the nursing home also have a good OHRQoL and a high level of satisfaction. This is because the average duration of wearing complete dentures is more than 4 years, and respondents have used more than one complete denture.