Hubungan aktivitas fisik dengan kualitas hidup pada usia 8-12 siswa sekolah dasar
L ATAR BELAKANG Kualitas hidup adalah konsep yang mencakup karakteristik fisik, mental, sosial, emosional. Aktivitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang meningkatkan pengeluaran tenaga dan energi atau pembakaran kalori. Aktivitas fisik yang dilakukan hari demi hari, tahun demi tahun akan mempengaruhi kesehatan dan kualitas hidup. Penelitian oleh Saryono di daerah Yogyakarta, sebanyak 78% siswa memiliki aktivitas fisik dengan kategori kurang aktif dan 4% dengan kategori sangat aktif. Pada penelitian yang di lakukan oleh Xiu pada tahun 2007, didapatkan hubungan yang antara aktivitas fisik dengan kualitas hidup anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah hubungan aktivitas fisik dengan kualitas hidup usia 8-12 tahun siswa sekolah sadar.METODEPenelitian ini analitik observasional dengan pendekatan rancangan cross sectional. Penelitian ini menggunakan data kuesioner mengenai aktivitas fisik dengan kualitas hidup pada usia 8-12 tahun siswa sekolah dasar di SDIT Al Fatah Bekasi Timur. Responden sebanyak 82 orang dimana analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi square. Analisis diolah dengan program SPSS 23.0 dan tingkat kemaknaan yang digunakan besarnya 0.05.HASILBerdasarkan hasil analisa ditemukan 70.5% memiliki aktivitas fisik baik dan memiliki kualitas hidup yang baik. Sedangkan 65,8% mempunyai aktivitas fisik yang kurang dengan kualitas hidup baik. Hasil uji statistik diperoleh nilai p=0.651 (p>0,05).KESIMPULANPenelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara lama aktivitas fisik dengan kualitas hidup pada usia 8-12 anak sekolah dasar
B ACKGROUND Quality of life is a concept that includes physical, mental, social, emotion. Physical activity is body movement that increases energy expanditure or burning calories.. Physical activity carried out day after day, year after year will affect health and quality of life. Saryono research in 2010, 78 % of student had physical activity in the less active category and 4% in the very active category. In the study conducted by Xiu in 2007, a relation was found between physical activity and quality of life of children. The purpose of this study is to determine whether there is a relation between physical activity and quality of life of children aged 8-12.METODEThis study was an observational analytic study with a cross sectional design approach. This study uses questionnaire data about physical activity with quality of life at the age 8-12 of elementary school student in SDIT Al fatah, Bekasi timur. There were 82 respondents. And data analysis was done unvivariately and bivariately using the chi square test. The analysis was processed with SPSS 23.0 program and the significance level used was 0.05RESULTBased on the results of the analysis found 70.5% have good physical activity and have a good quality of life. While 65.8% have less physical activity with a good quality of life. Statistical test results obtained p = 0.651 (p> 0.05).CONCLUSIONThis study shows that there is no relation between the duration of physical activity and quality of life at the age of 8-12 elementary school children