Hubungan antara tingkat stres dengan kinerja pada guru Sekolah Dasar
S tres adalah suatu kondisi yang tidak mengenakkan bagi diri individu, karena itu keadaan yang disebabkan oleh adanya tuntutan dari pekerjaan yang melebihi kemampuan individu akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas kinerja individu tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres dengan kinerja pada guru sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan studi analitik observasional dengan desain potong lintang pada guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi penelitian. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner meliputi karakteristik responden, tingkat stres, dan kualitas kinerja responden. Analisis menggunakan SPSS versi 23.0 dan tingkat kemaknaan yang digunakan besarnya 0,05. Analisis Uji Chi-Square antara tingkat stres dengan kinerja pada guru sekolah dasar didapatkan p<0,05 yang artinya terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat stres dengan kinerja pada guru sekolah dasar. Jadi semakin tinggi tingkat stres dapat menyebabkan semakin rendah kinerja guru sekolah dasar. Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat stres dengan kinerja pada guru sekolah dasar.
S tress is an uncomfortable condition for the individual, therefore the circumstances caused by the demands of the work that exceed the ability of the individual will affect the quality and quantity of the individual's performance. The purpose of this study was to determine the relationship between stress level and performance in elementary school teachers. This study used an observational analytic study with cross sectional design in elementary school teachers in Sumber Harta sub-district of Musi Rawas district of South Sumatera Province that meets the inclusion and exclusion criteria of the research. Data collected by questionnaire include respondent characteristic, stress level, and quality of respondent performance. Analysis using SPSS version 23.0 and significance level used is 0.05. Chi-Square test analysis between stress level and performance in primary school teachers found p <0.05 which means there is a significant relationship between stress level with performance in elementary school teachers. So the higher the stress level can lead to the lower performance of elementary school teachers. This study shows that there is a significant relationship between stress level and performance in primary school teachers.