Perancangan lanskap pondok karya pembangunan jakarta islamic school
R uang terbuka merupakan elemen utama setiap kegiatan luar ruangan seperti sekolah. Ruang terbuka hijau pondok karya pembangunan jakarta islamic school (pkp jis) memiliki beragam jenis dan aktivitas yang efektifitas vegetasinya belum sesuai dengan fungsi dan kriteria ruang terbuka sekolah. Permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini berkaitan dengan fungsi vegetasi pada pkp jis yang memiliki lahan seluas ±15 ha adalah bagaimana kesesuaian fungsi ruang-ruang kegiatan yang terbentuk oleh vegetasi saat ini dan jenis serta komposisi vegetasi apa yang sesuai untuk membentuk ruang-ruang kegiatan yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah merancancang lanskap dengan menganalisis kesesuaian fungsi ruang-ruang kegiatan, menganalisis berbagai jenis dan komposisi tanaman sebagai pembentuk ruang dan mencari keterhubungan fungsi vegetasi terhadap ruang kegiatan di pkp jis yang didasari dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Manfaat dari penelitian ini adalah menjadi dasar dalam pengembangan rancangan pkp jis. Tema rancangan yang akan dibangun adalah educative landscape dengan lanskap yang memiliki nilai pendidikan dalam mendesain lanskapnya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif dengan mengumpulkan data primer melalui observasi langsung dan data sekunder dari dokumen dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa pkp jis masih perlu pengembangan terhadap ruang terbuka hijau dan penggunaan vegetasi yang disesuikan dengan ruang-ruang kegiatan yang ada. Untuk meningkatkan lanskap dari pkp jis, perlu adanya pemilihan vegetasi yang sesuai pada ruang-ruang kegiatan dan menambahkan fasilitas yang mendukung kegiatan aktif. Perancangan ini menghasilkan kebutuhan ruang pada tapak dan kriteria vegetasi pembentuk ruang berdasarkan analisis ruang yang ada saat ini dan akan digunakan sebagai dasar pertimbangan peletakan fasilitas dan pengembangan rancangan pkp jis.
O pen space is the main element of any outdoor activity such as school. The green open space of Pondok Karya Pembangunan Jakarta Islamic School (PKP JIS) has various types and activities whose vegetation effectiveness is not in accordance with the functions and criteria of school open space. The problem that will be discussed in this research related to the function of vegetation in PKP JIS, which has an area of ± 15 Ha, is how the function of activity spaces formed by current vegetation is suitable and what type and composition of vegetation is suitable for forming existing activity spaces. The purpose of this research is to design a landscape by analyzing the suitability of the function of activity spaces, analyzing various types and compositions of plants as space formers, and finding the relationship between vegetation functions and activity spaces in PKP JIS based on the results of the research that has been conducted. The benefit of this research is to serve as the basis for the design development of PKP JIS. The theme of the design is Educative landscape with educational value in designing the landscape. The method used is qualitative and quantitative by collecting primary data through direct observation and secondary data from documents and literature studies. The results show that PKP JIS still needs development of green open space and the use of vegetation that is adjusted to the existing activity spaces. To improve the landscape of PKP JIS, it is necessary to select suitable vegetation for the activity spaces and add facilities that support active activities. This design produces space requirements on the site and criteria for space-forming vegetation based on the analysis of the existing space and will be used as a basis for consideration of the placement of facilities and the development of PKP JIS design.