Rancang model pengukuran kinerja (studi kasus : PT Bhanda Ghara Reksa)
P T. Bhanda Ghara Reksa merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dalam penyediaan jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat di bidang industri jasa logistik, persewaan dan pengelolaan ruangan. PT BGR ingin meningkatkan performansi kinerja yang dapat dijadikan tolok ukur keberhasilan perusahaan. Selama ini sistem pengukuran kinerja yang digunakan belum merepresentasikan kinerja secara komprehensif dan integratif berdasarkan tugas dan pertanggung jawabannya. Oleh karena itu untuk mencapai kinerja perusahaan yang baik, harus dilakukan dengan perbaikan-perbaikan dalam jangka waktu yang lama dan berkesinambungan. Perbaikan yang berkesinambungan dengan memperbaiki pengukuran kinerja PT BGR dengan perancangan suatu model pengukuran kinerja baru yang berfungsi untuk perencanaan, kontrol, monitoring, evaluasi, alokasi sumber daya, memotivasi karyawan, memanajemen perubahan, perbaikan dan penentuan peta strategi. Sistem Pengukuran Kinerja tersebut adalah Sistem Pengukuran Kinerja yang dibentuk atas dasar tugas dan tanggung jawab per Direktur berdasarkan PT BGR. Berdasarkan proses perencanaan model Pengukuran Kinerja pada PT Bhanda Ghara Reksa diperoleh 4 buah KPI pada Perspektif Direktur Utama, 13 buah KPI pada Perspektif Direktur Operasi & Pemasaran, 5 buah KPI pada Direktur Perencanaan & Pengembangan, dan 11 buah KPI pada Direktur Keuangan & Administratif. Dari hasil penelitian ini, melalui skoring masing-masing direktur dan key performance indicator dimana perhitungan sistem pengukuran kinerja perusahaan seluruhnya sudah baik diperoleh nilai kinerja perusahaan sebesar 123.14 %.
P T. Ghara Bhanda Reksa is one of the state-owned company engaged in the provision of high quality and strong competitiveness in the field of industrial logistics services, leasing and management of the room. PT BGR want to improve the performance of performance that can be used as a benchmark for the success of the company. During this performance measurement system that is used has not been represented in a comprehensive and integrated performance based on task and accountable. Therefore, to achieve good performance, should be done with improvements in the long term and sustainable. Continuous improvement to improve performance measurement PT BGR with designing a new performance measurement model that works for the planning, control, monitoring, evaluation, resource allocation, motivating employees, managing change, improvement and determination of the strategy map. Performance Measurement System Performance Measurement System was established on the basis of duties and responsibilities as the Director based PT BGR. Based on the planning process model of Performance Measurement in PT Bhanda Ghara Mutual acquired 4 pieces of KPI on Perspective Managing Director of KPI, 13 pieces of KPI on Perspectives Director of Operations & Marketing, 5 pieces of KPI on Perspectives Director of Planning & Development, and 11 pieces of KPI on Perspectives Director of Finance & Administrative. From these results, through the scoring of each director and key performance indicators where the calculation of enterprise performance measurement systems have all been either acquired the company's performance value of 123.14 %.