Studi persepsi pengguna terhadap ruang terbuka sebagai dasar perancangan lanskap pada area Perpustakaan Universitas Indonesia, Depok
U niversitas Indonesia (UI) menjadi tolak ukur bagi segenap perguruan tinggi diIndonesia. Universitas Indonesia memiliki beberapa fakultas dan area umum(penunjang). Salah satunya Perpustakaan sebagai area edukasi, PerpustakaanUniversitas Indonesia diharapkan agar dapat memiliki keunggulan yang lebihdibandingkan dengan Kawasan edukasi lainnya. Belum lengkapnya fungsipenunjang pada Area Perpustakaan Universitas Indonesia serta belumdimanfaatkan potensi yang ada seperti adanya Danau Kenanga yang ada pada areayang sama dapat menjadi topik dalam melakukan pengembangan rancangan. Olehkarena itu, tujuan penelitian ini yaitu meneliti persepsi pengguna terhadap fungsiruang terbuka yang bersifat kualitatif dan memetakan kecenderungan perilakupengguna. Hal ini untuk mengetahui panduan rancangan lansekap perpustakaanberdasarkan persepsi pengunjung terhadap fungsi ruang terbuka, dimanapengetahuan, pengalaman, dan kebutuhan pengunjung akan dijadikan dasarpengukuran untuk perancangan lanskap perpustakaan. Penelitian ini menggunakanmetode kualitatif dengan stratified random sampling menggunakan kuisionertertutup berskala Likert (1-5) dengan pengambilan data primer dan sekunder.Dengan demikian adanya penelitian dan perancangan lanskap ini diharapkan dapatmenciptakan lingkungan edukasi yang menjadi tempat belajar yang lebih baik lagi.
T he University of Indonesia (UI) is the benchmark for all universities in Indonesia.The University of Indonesia has several faculties and general (supporting) areas.One of them is the Library as an educational area, the University of IndonesiaLibrary is expected to have more advantages compared to other educational areas.The incomplete supporting functions in the University of Indonesia Library Areaand the untapped potential such as the Kenanga Lake in the same area can be a topicin developing the design. Therefore, the purpose of this study is to examine theuser's perception of the function of open space which is qualitative in nature and tomap the user's behavioral tendencies. This is to find out the guidelines for librarylandscape design based on visitors' perceptions of the function of open spaces,where the knowledge, experience, and needs of visitors will be used as the basis formeasuring the design of the library landscape. This study used a qualitative methodwith stratified random sampling using a closed Likert scale (1-5) questionnaire withprimary and secondary data collection. Thus, this research and landscape design isexpected to create an educational environment that becomes a better place to learn.