Persepsi akuntan pendidik dan mahasiswa S1 akuntansi terhadap etika profesi
E tika profesi adalah topik yang cukup menarik bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan persepsi etika profesi antara akuntan pendidik dan mahasiswa S1 akuntansi. Analisis ini didasarkan pada jawaban responden yang diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan. Populasi penelitian ini adalah akuntansi pendidik dan mahasiswa S1 akuntansi Universitas Trisakti, Universitas Tarumanegara, dan Universitas Bina Nusantara. Sampel diambil sekitar 120 responden yang merupakan 30 kuesioner untuk pendidik akuntansi dan 90 kuesioner untuk mahasiswa S1 akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode sampling. Selain itu, sampel juga diambil dari mahasiswa akuntansi yang telah mengikuti matakuliah Etika Profesi. Untuk menguji keandalan data menggunakan Cronbach Alpha, sedangkan untuk menguji normalitas data yang digunakan Kolmogorov Smirnov. Untuk menguji perbedaan persepsi dari data yang digunakan Independent Sample T-Test. Hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan adanya perbedaan persepsi antara akuntan pendidik dan mahasiswa S1 akuntansi terhadap etika profesi.
T he ethic of profession is a topic quite attracted for the society. The aims of this research is to test the difference of perception of profession ethics between educators of accounting and bachelor degree student of accounting. The analysis is based on respondents answers obtained through a questionnaire that was distributed. Population of this research iseducators of and bachelor degree accounting student in Trisakti University, Tarumanegara University and Bina Nusantara University. The sample was taken about 120 respondent which is 30 questionnaire for accounting educators and 90 questionnaire for bachelor degree student of accounting. This research used sampling methods. In addition, samples were also taken from the student of accounting who have followed courses in Profession Ethics. To test the reliability of data used Cronbach Alpha, while to test the normality of data used Kolmogorov Smirnov. To examine differences in the perception of the data used Independent Sample T-Test. The result of the hypothesis testing are show the difference perception between educators of accounting and bachelor degree student of accounting against the profession ethics.