Pengukuran kinerja pengajar musik menggunakan metode penilaian kinerja 360 degree feedback pada sekolah musik yayasan pendidikan musik jakarta
S ekolah Musik Yayasan Pendidikan Musik Jakarta telah beroperasi bertahun-tahun tanpa sistem adanya pengukuran kinerja karyawan yang mempersulit perbaikan kualitas layanan dan efisiensi serta efektivitas dalam pengelolaan kegiatan yang dijalankan. Penelitian ini bertujuan merancang dan menerapkan sistem pengukuran kinerja pengajar musik menggunakan metode 360 degree feedback. Metode ini digunakan untuk memberikan gambaran penilaian kinerja yang obyektif dan komprehensif. Kriteria kinerja dievaluasi melalui literature review yang disesuaikan dengan tugas dan tanggung jawab serta job description pengajar, kemudian dibobotkan dengan Pairwise Comparison. Alat pengukuran kinerja diimplementasikan pada evaluasi tiga pengajar yang dinilai oleh atasan, rekan kerja, siswa atau orang tua siswa, dan diri sendiri. Selanjutnya hasil penilaian dianalisis untuk mengidentifikasi area perbaikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh pengajar mendapatkan nilai akhir rata-rata 4, yaitu baik.
Y ayasan Pendidikan Musik Music School in Jakarta has been operating for years without a performance measurement system for its employees, which makes it difficult to improve service quality and efficiency, as well as the effectiveness of the activities carried out. This study aims to design and implement a performance measurement system for music teachers using the 360-degree feedback method. This method is used to provide an objective and comprehensive assessment of performance. Performance criteria are evaluated through a literature review that is tailored to the duties, responsibilities, and job descriptions of the teachers, and then weighted using Pairwise Comparison. The performance measurement tool is implemented in the evaluation of three teachers, assessed by superiors, colleagues, students or parents, and themselves. The assessment results are then analyzed to identify areas for improvement. The results of this study show that all teachers received an average final score of 4, indicating good performance.