Gambaran pengetahuan teknik menyikat gigi dan resei gingiva: Kajian pada siswa-siswi sman 1 tasikmalaya
L atar belakang: Menyikat gigi adalah suatu tindakan untuk membersihkan debrisyang menempel pada permukaan gigi dan merupakan salah satu tindakanpencegahan berkembangnya penyakit pada gigi dan kerusakan jaringanperiodontal. Teknik menyikat gigi harus diperhatikan agar dapat dilakukan secarabenar dan efektif. Teknik menyikat gigi yang kurang tepat dapat mengakibatkankerusakan pada jaringan periodontal salah satunya resesi gingiva. Tujuan:Mengetahui gambaran pengetahuan siswa-siswi SMAN 1 Tasikmalaya terhadapteknik menyikat gigi dan resesi gingiva. Metode: Penelitian menggunakan metodeobservasional deskriptif dengan desain cross-sectional. Penelitian ini dilakukandengan cara membagikan kuesioner kepada populasi pada penelitian ini adalahsiswa-siswi SMAN 1 Tasikmalaya dengan jumlah 100 sampel. Hasil: Tingkatpengetahuan siswa-siswi mengenai teknik menyikat gigi dan resesi gingiva padaseluruh responden didapat sebanyak 17 orang (17%) termasuk kriteria baik, 45orang (45%) termasuk kriteria cukup, dan 38 orang (38%) termasuk kriteria kurang.Kesimpulan: Siswa-siswi memiliki tingkat pengetahuan dalam kriteria cukup.
B ackground: Brushing teeth is an action to clean debris that sticks to the surfaceof the teeth and is one of the measures to prevent the development of dental diseaseand damage to periodontal tissue. You must pay attention to the technique ofbrushing your teeth so that it can be done correctly and effectively. Impropertoothbrushing technique can cause damage to periodontal tissue, one of which isgingival recession. Objective: To describe the knowledge of students at SMAN 1Tasikmalaya regarding toothbrushing techniques and gingival recession. Method:The research used a descriptive observational method with a cross-sectional design.This research was carried out by distributing questionnaires to the population in thisstudy, namely students of SMAN 1 Tasikmalaya with a total of 100 samples.Results: The level of knowledge of students regarding toothbrushing techniquesand gingival recession among all respondents was found to be 17 people (17%)including good criteria, 45 people (45%) including sufficient criteria, and 38 people(38%) including poor criteria. Conclusion: Students have a sufficient level ofknowledge.