Peran total quality management dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di organisasi rumah sakit
K epuasan pelanggan merupakan salah satu faktor utama yang menentukan keberhasilan suatu pelayanan kesehatan. Salah satu organisasi penyelenggara pelayanan kesehatan adalah rumah sakit. Seiring dengan kemaj uan zaman. persaingan antara organisasi rumah sakit pun semakin ketat. Untuk itu, organisasi rumah sakit hams mencari cara terbaik untuk memuaskan konsumennya. Salah satunya yaitu dengan menerapkan prinsip Total Quality Management. Total Quality Management merupakan sua:tu pendekatan manajemen yang salah satu prinsipnya adalah fokus kepada pelanggan. Dengan penerapan Total Quality lvfanagement. diharapkan rumah sakit dapat meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga mampu menghadapi tantangan persaingan yang semakin meninggi.
C ostumer satisfactions is one of the main factor that determining the success of health service. Hospital as one of the health service organization has a responsibility to comply with this factor. Nowadays, along with globalization, the competition of hospital organization are getting tighter. According to that, the hospital organization must find the best way to satisfy their customer. One of it is by implementing the principles of Total Quality Management. Total Quality Management is a management approach which one of its principles is customer focus. It is expected that by applying the principles of Total Quality Management, the hospital organization can increasing the customer satisfaction so they can facing the tighter competition.