Tingkat kepuasan pasien pengguna asuransi kesehatan terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut (Laporan penelitian)
T ingkat kesadaran masyarakat terhadap kesehatan gigi dan mulut semakin meningkat selain itu tuntutan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang bermutu juga meningkat. Selaku provider swasta RS Hosana Medica Bekasi harus ikut mendukung kebijakan pemerintah RI dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional. Pelayanan terhadap peserta asuransi kesehatan seringkali menimbulkan berkurangnya tingkat kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan peserta asuransi kesehatan tersebut. Jenis penelitian ini adalah observasional yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan survei terhadap pasien yang datang ke poliklinik gigi RS Hosana Medica Bekasi sebanyak 50 orang selama kurang lebih 4 bulan. Tingkat kepuasan ini diukur dengan kuesioner lalu dianalisis dengan metode service quality. Hasil penelitian menunjukan tingkat kesesuaian pasien sebesar 93.89% (sangat puas) sedangkan penilaian berdasarkan jawaban langsung kepuasan pasien sebesar 80% (puas). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pasien merasa sangat puas dari hasil perhitungan tingkat kesesuaian pasien yang dihitung dari hasil skor harapan dan kenyataan pada kuesioner.
T he level of public awareness of oral health in addition to the ever-increasing demands and expectations of society towards oral health care quality has also increased. As a private provider Hosana Medical Bekasi Hospital should help support the Indonesian government's policy in the National Social Assurance System. The service of health insurance often cause lack of satisfaction to the participants. The aim of this study is to determine the level of satisfaction of the health insurance participants. The approach of this research is descriptive observational using surveys to the patients who come to the dental clinic Hosana Medica Bekasi Hospital 50 people for about 4 months. The level of satisfaction is measured and then analyzed with the method of statement and quality service. The results showed the suitability of the patient's level is 93.89% (very satisfied) while the assessment based on a direct response by 80% patient satisfaction (satisfied). The conclusion of this study is patients are very satisfied in the results of the calculation of the level of patient compliance calculated from the score of the expectations and the reality on the questionnaire.