Hubungan antara pengetahuan dengan kecemasan dalam berpraktik pada mahasiswa klinik kedokteran gigi
K ecemasan adalah suatu pengalaman subjektif mengenai ketegangan mental yang menggelisahkan sebagai reaksi umum dan ketidakmampuan menghadapi masalah. Agar dapat menghadapi masalah yang datang dan terhindar dari perasaan cemas, dibutuhkanlah pengetahuan. Pengetahuan adalah hasil penginderaan manusia, atau hasil tahu seseorang terhadap objek melalui indera yang dimilikinya. Pengetahuan merupakan ranah yang sangat penting untuk terbentuknya tindakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pengetahuan dengan kecemasan dalam berpraktik pada mahasiswa klinik kedokteran gigi. Penelitian ini dilakukan pada 173 mahasiswa klinik Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti dengan menggunakan skala Likert. Pengujian data dilakukan dengan program statistik SPSS 17.0 melalui uji korelasi Pearson Product Moment. Kuesioner pertama disebarkan kepada 30 responden untuk dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Pada uji validitas kecemasan, dari 36 pernyataan didapatkan 31 pernyataan yang valid, dengan nilai berkisar antara 0,250- 0,800. Dari uji reliabilitas kecemasan, didapatkan nilai Cronbach α sebesar 0,902. Kuesioner kedua disebarkan kepada 173 responden untuk dilakukan uji korelasi antara 2 variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan positif antara pengetahuan dengan kecemasan dengan nilai korelasi Pearson sebesar 0,207.
A nxiety is a subjective experience about agitated mentality tension as a common reaction and inability to solve the problem. A person needs knowledge to solve their problems so that they can avoids the anxiety feelings. Knowledge is a result of human senses or a result of knowing an object through their senses. Knowledge is a very important realm to form an action. The aim of this study was to know the existency of correlation between knowledge and anxiety on practice among clinical dentistry student. This study included 173 clinical dentistry students of Trisakti University using likert scale. The data were tested with SPSS 17.0 statistic program, with Pearson Product Moment. First questionnaires were distributed to 30 respondents, tested for validity and realibility. Based on anxiety validity test, there were 31 statements which valid from 36 statements with a score between 0,250-0,800. From the anxiety realibility test, the Cronbach α score was 0,902. Second questionnaires were distributed to 173 respondents to test the corellation between those variables. The result showed there is a positive correlation between knowledge and anxiety with Pearson correlation score was 0,207.