Hubungan antara pengetahuan dan loyalitas pasien pada perawatan ortodontik : Penelitian pada pasien-pasien di klinik spesialistik RSGM Universitas Trisakti
D alam jasa pelayanan kedokteran gigi, perawatan ortodontik memerlukan durasi waktu perawatan yang paling lama jika dibandingkan dengan jenis perawatan lainnya. Oleh sebab itu, di dalam suatu keseluruhan proses perawatan harus ada pemahaman penuh diantara pasien dan dokter gigi. Pasien yang diberikan pengetahuan yang cukup akan merasa yakin bahwa tindakan doktemya benar sehingga mendorong pada perilaku loyal. Penelitian ini dilakukan pada pasien yang dirawat ortodontik di Klinik Spesialis RSGM Universitas Trisakti melalui kuesioner dalam skala likert dengan pengujian data menggunakan seri program komputer SPSS dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Uji validitas dan reliabilitas pada loyalitas dilakukan terhadap kuesioner pertama pada 36 orang dengan 50 pemyataan. Berdasarkan Uji validitas, dari 50 butir pemyataan terdapat 10 butir yang gugur, sehingga pemyataan yang valid beijumlah 40 butir dengan nilai validitas berkisar antara 0,385-0,818. Dari uji reliabilitas didapatkan nilai alpha (a) = 0,948 yang menunjukkan bahwa kuesioner tersebut tergolong handal. Uji analisa data dilakukan pada hasil kuesioner yang kedua menggunakan uji korelasi Pearson 100 sampel dengan 40 pertanyaan loyalitas dan 36 pertanyaan pengetahuan. Berdasarkan uji tersebut temyata didapat hubungan positif antara pengetahuan dan loyalitas pasien, yang diraih dengan nilai korelasi Pearson = 0,410.
O rtodontics treatment needs longer duration than any other treatment in dentistry. Therefore, there must be a complete understanding between the dentist and patient during the entire course of treatment. By giving careful explanations, dentist cultivates patient’s confidence and brings him further into loyalty. This research was done in orthodontics patient of specialist clinic Dental Hospital Trisakti University by using questionnaire in likert scale and data testing by SPSS computer program series by Pearson Product Moment correlation test. Validity and reliability test to the loyal behavior was done to the first questionnaire to 36 patients with 50 statements. Base on the validity test, there are 10 fail items from 50 statement, so valid statement amount 40 items with validity value between 0,385-0,818. Reliability test got alpha value (a) = 0,948, show those questionnaire is reliable. Data analysis test was done to second questionnaire result use Pearson correlation to 100 samples with 40 loyalty statements and 36 knowledge questions. It was concluded that there is a positive relationship between knowledge and loyalty in patient, with Pearson correlation value = 0,410.