Anteseden customer engagement pada Brand Apple
P enelitian ini bertujuan untuk menganalisis anteseden Customer Engagement pada Brand Apple. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik Purposive sampling kepada 145 responden yang menggunakan Smartphone pada brand Apple. Alat analisis data yang digunakan untuk menguji validitas adalah Confirmatory factor analysis, uji hipotesis adalah Structural Equation Model (SEM) dan uji reliabilitas adalah Cronbach’s alpha. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah Hedonic Pleasure tidak berpengaruh positif terhadap Brand Love, Learning berpengaruh positif terhadap Brand Love,Chellenge tidak berpengaruh positif terhadap Brand Love, Escapism berpengaruh positif terhadap Brand Love, Brand Love berpengaruh positif terhadap Customer Engagement.Penelitian selanjutnya disarankan untuk meneliti produk-produk smartphone dari brand yang lain, menambahkan jumlah responden dan menggunakan variabel variabel lain.
T he research objective to analyze antecedent Customer Engagement on the Apple Brand.The method used for collecting data is by distributing questionnaire to 145respondents who use smartphones on the Apple brand. The validity test is conductedusing Confirmatory factor analysis, the hypothesis testing is conducted by using theStructural Equation Model (SEM) and the reliability test is conducted usingCronbach's alpha.The result shows that Hedonic Pleasure doesn’t have a positive effect on BrandLove, Learning trust positive effect on Brand Love, Chellenge doesn’t have apositive effect on Brand Love, Escapism trust positive effect on Brand Love, BrandLove trust positive effect on Customer Engagement.For future research is suggested to analyze smartphone products from other brands,add the number of respondents and use other variables.