Pengaruh comformity dan escapism terhadap brand loyalty
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Conformity dan Escapism secara bersama-sama terhadap Brand Loyalty, kemudian secara parsial untuk mengetahui pengaruh conformity terhadap Brand Loyalty dan untuk mengetahui pengaruh escapism terhadap Brand Loyalty. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti Jakarta. Variabel independen dalam penelitian ini adalah conformity dan escapism, sedangkan variabel dependennya adalah brand loyalty. Dengan menggunakan metode purposive sampling, jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti Jakarta. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hipotesis 1 menyatakan : Conformity memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Brand loyalty. Dan hipotesis 2 menyatakan : Escapism memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Brand loyalty.
T he study’s purpose is to acknowledge the influence of conformity and escapism toward brand loyalty in simultaneously, and then in partially to acknowledge the influence of conformity toward brand loyalty, as well as to acknowledge the influence of escapism toward brand loyalty. The samples used are students of Economy Faculty of Trisakti University in Jakarta. Independent variables in this study included conformity and escapism, whereas dependent variable is brand loyalty. With using purposive sampling, the total of sample in this study is 150 students of Economy Faculty of Trisakti University in Jakarta. From result of research known that hypothesis 1 state: conformity variables have significant influences toward brand loyalty. And hypothesis 2 state : escapism variables have significant influences toward brand loyalty.