Antecedents dari brand loyalty
F okus utama penelitian ini adalah masalah persaingan industri produk smartphone yang kian hari semakin ketat. Hal ini membuat pengguna smartphone dihadapkan pada beberapa pilihan produk atau merek yang dapat membuat kesetiaan konsumen menurun. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Antecedents dari Brand Loyalty. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel dikumpulkan dari 150 kuesioner yang disebarkan secara online kepada pengguna smartphone yang minimal membeli produk smartphone dalam satu tahun terakhir. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan beberapa tes, seperti: uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji goodness of fit dan uji structural equation model (SEM) menggunakan IBM SPSS dan Amos 23 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand communication memiliki efek positif lebih kuat terhadap brand image dari pada terhadap brand trust. Brand image secara positif dan kuat mempengaruhi brand trust, yang akhirnya brand trust dapat memberikan efek positif dan kuat terhadap brand loyalty. Temuan ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi brand loyalty adalah brand communication dan brand image melalui brand trust. Implikasi bagi manajer pemasaran produk smartphone adalah diharapkan mampu meningkatkan brand trust pelanggan dengan memperbaiki brand communication dengan cara menyajikan iklan dan promosi yang lebih menyenangkan dan manajer harus memperbaiki brand image dengan cara meningkatkan ciri kas, reputasi, dan aman untuk digunakan.
T he main focus of this research is the issue competition industry product smartphone very tighter. This makes smartphone users faced with several choices of products or brands that can make consumer brand loyalty decrease. The purpose of this study is to analyze the antecedents of brand loyalty at product smartphone. The sampling method used in this research is non-probability sampling with purposive sampling technique. Samples were collected from 150 questioner with online distribution on smartphone users of minimal one purchase products smartphone in the last year. Collected data were analyzed with several tests, such as: validity test, reliability test, statistic descriptive, goodness of fit test and structural equation model test using IBM SPSS 23 and AMOS 23 for windows. The results of this study indicate that brand communication has a stronger positive effect on brand image than brand trust. Brand image influences a positive and strong on brand trust, which ultimately makes brand trust a positive and strong effect on brand loyalty. This finding shows that the factors that can influence brand loyalty are brand communication and brand image through brand trust. Implications for manager marketing product smartphone are expected to increase customer brand trust by improving brand communication, by way of presenting more enjoyable advertisements and promotions and the manager must improve the brand image by increasing the characteristics, reputation, quality and safety for customer use.