Peran celebrity endorser terhadap brand trust, brand image, brand satisfaction dan purchase intention
C elebrity endorsement digunakan untuk menarik perhatian calon konsumen serta diharapkan mampu meningkatkan awareness produk. Kemampuan celebrity endorsement pada brand kecantikan akan membangun kepercayaan pelanggan terhadap produk, serta dapat mendorong konsumen untuk membeli bahkan berniat untuk membeli kembali produknya, hal ini bisa berpengaruh terhadap purchase intention. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa kredibilitas celebrity endorser yaitu, daya tarik, keahlian, kepercayaan serta dampaknya terhadap kepercayaan merek, citra merek, kepuasaan merek serta niat beli. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik purposive sampling dengan sampel yang didapatkan sebanyak 254 responden yaitu, individu yang pernah mengikuti serta menonton celebrity endorser. Alat analisis data yang digunakan adalah structural equation model (SEM) dengan menggunakan program AMOS dan SPSS. Sedangkan uji reliabilitas adalah Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik berpengaruh positif terhadap kepercayaan merek, citra merek, dan kepuasaan merek. Keahlian tidak terdapat pengaruh positif terhadap kepercayaan merek dan kepuasaan merek tetapi berpengaruh positif terhadap citra merek. Kepercayaan berpengaruh positif terhadap kepercayaan merek, citra merek, dan kepuasaan merek. Kepercayaan merek berpengaruh positif terhadap niat beli. Citra merek berpengaruh positif terhadap niat beli. Kepuasaan merek tidak berpengaruh positif terhadap niat beli. Implikasi manajerial dalam penelitian ini diharapkan perusahaan dapat melakukan re-search terhadap celebrity endorser yang sedang up-coming, melakukan segmentasi pasar yang tepat untuk memilih target pasar, dan membuat produk yang up-to-date serta membuat produk yang dapat dipakai oleh banyak orang seperti menambahkan warna kulit gelap untuk konsumen berkulit gelap.
C elebrity endorsements are used to attract the attention of potential customers and are expected to increase product awareness. The ability of celebrity endorsement to beauty brands will build customer trust in products, and can encourage consumers to buy and even intend to buy back their products, this can affect purchase intention. This study aims to analyze some of the credibility of celebrity endorsers, namely attractiveness, expertise, trustworthiness and their impact on brand trust, brand image, brand satisfaction and purchase intention. The data collection method used a questionnaire with a purposive sampling technique with a sample of 254 respondents, namely, individuals who have participated and watched celebrity endorsers. The data analysis tool used is structural equation modeling (SEM) using the AMOS and SPSS programs. While the reliability test is Cronbach's Alpha. The results of this study indicate that attractiveness has a positive effect on brand trust, brand image, and brand satisfaction. Expertise does not have a positive effect on brand trust and brand satisfaction but has a positive effect on brand image. Trust has a positive effect on brand trust, brand image and brand satisfaction. Brand trust has a positive effect on purchase intention. Brand image has a positive effect on purchase intention. Brand satisfaction has no positive effect on purchase intention. The managerial implication in this research is that the company is expected to be able to re-search the up-coming celebrity endorsers, do the right market segmentation to select target markets, and make up-to-date products and make products that can be used by many people such as adds dark skin tone for dark skinned consumers.