Antecedents and consequences of brand trust
S ekarang ini, banyak orang menggantungkan diri mereka terhadap kemajuan teknologi untuk melakukan aktivitas mereka, dimulai dari berkomunikasi dan bersosial satu sama lain, hingga membuat dan mempromosikan bisnis. Karena itu, banyak pengusaha menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan merek dagang mereka hingga menarik kostumer sebanyak – banyaknya.Penelitian ini adalah studi pengujian hipotesis, yang dilakukan di wilayah Indonesia. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 240 responden yang berasal dari usia 19 tahun sampai lebih dari 36 tahun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hipotesa penelitian ini diuji menggunakan metode Structural Equation Model (SEM).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlibatan kostumer tidak menunjukkan pengaruh positif terhadap Kepercayaan Merek, Kesetiaan Merek, dan Pesan Lisan (WOM) pada merek fashion di media sosial. Namun, Komitmen, Kepuasan, dan Kepercayaan merek dari kostumer itu sendiri secara positif mempengaruhi kesetiaan merek dan pesan lisan (WOM) mengenai merek fashion tersebut. Selain itu, untuk meningkatkan pembelian merek fashion di media sosial, harus meningkatkan pesan lisan (WOM) dan kesetiaan merek. Semakin meningkatnya pesan lisan (WOM) dan kesetiaan merek, maka akan menguntungkan penjual yang menjual produk merek fashion mereka di media sosial.
N owadays, many people are relying themselves on the sophisticated technology to do their activities, from communicate and socialize each other, until create and promote a business. Because of that, so many entrepreneurs are using social media as tool for promoting their brand and engage many customers.This research is a hypothesis testing study, which was conducted in Indonesia. The data is attained with distributing questionnaire to 240 respondents who came from 19 years old until more than 36 years old. The sampling technique in this research is using purposive sampling. This hypothesis research is using Structural Equation Model (SEM).The result of this research shows that involvement does not show positive influence to Brand Trust, Brand loyalty, and Word of Mouth (WOM) for fashion brand in social media. However, Commitment, Satisfaction, and Brand Trust from the customer positively influence Brand Loyalty and Word of Mouth (WOM) regarding to the fashion brand. Besides, in order to increase the purchasing fashion brand in social media, it must also increase word of mouth (WOM) and Brand Loyalty. The more increasing word of mouth (WOM) and Brand also, thus, it will give profit the sellers who sell their fashion brand product on social media.