Pengaruh sosial media influencer terhadap purchase intention produk kosmetik dengan brand trust sebagai mediasi
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosial media influencer terhadap purchase intention produk kosmetik dengan brand trust sebagai mediasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen produk kosmetik yang juga merupakan penguna social media di Jakarta dan sekitarnya. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Sosial Media Influencer, variabel intreventing dalam penelitian ini adalah Brand Trust, dan variabel dependen dalam penelitian ini adalah Purchase Intention. Jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 154 Orang mewakili populasi yang ada data sampel diperoleh dari hasil kuesioner yang disebarkan kepada responden. Berdasarkan hasil pengujian data mengunakan analisis Structural Equation Model (SEM), menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif sosial media influencer terhadap brand trust dan purchase intention, terdapat pengaruh positif brand trust terhadap purchase intention, dan terdapat pengaruh positif sosial media influencer terhadap Purchase Intention melalui brand trust. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi perusahaan dan peneliti selanjutnya dalam mendalami hubungan antara social media influencer dan brand trust terhadap purchase intention.
T his study aims to determine the influence of social media influencers on the purchase intention of cosmetic products with brand trust as a mediation. The sample used in this study are consumers of cosmetic products who are also users of social media in Jakarta and its surroundings. The independent variable in this study is Social Media Influencer, the inventing variable in this study is Brand Trust, and the dependent variable in this study is Purchase Intention. The number of research samples was 154 people representing the existing population. The sample data was obtained from the results of questionnaires distributed to respondents. Based on the results of data testing using Structural Equation Model (SEM) analysis, it shows that there is a positive influence of social media influencers on brand trust and purchase intention, there is a positive influence of brand trust on purchase intention, and there is a positive influence of social media influencers on Purchase Intention through brand trust. . The results of this study are expected to be a reference for companies and further researchers in exploring the relationship between social media influencers and brand trust on purchase intention.